Cream Pemutih Wajah Yashodara

Vagina Terasa Sakit Saat Berhubungan Seks

Atrofi vagina adalah pengeringan dan penipisan jaringan pada vagina dan uretra. Hal ini dapat menyebabkan dispareunia (sakit saat hubungan seksual) serta vaginitis, sistitis, dan infeksi saluran kemih. Seringkali merupakan gejala menopause.

Atrofi vagina (atrofik vaginitis) adalah penipisan dan peradangan pada dinding vagina akibat penurunan estrogen. Atrofi vagina paling sering terjadi setelah menopause, tetapi bisa juga berkembang selama menyusui atau pada saat produksi estrogen menurun.

Vagina Terasa Sakit Saat Berhubungan Seks

Bagi banyak wanita, atrofi vagina membuat hubungan seks menyakitkan dan jika persetubuhan menyakitkan, minat seks secara alami akan menurun. Terlebih lagi, fungsi alat kelamin sehat terkait sangat erat dengan fungsi sistem urin yang sehat.

Gejala.

Berikut ini gejala atrofi vagina :

  • Vagina kering.
  • Vagina terasa terbakar.
  • Vagina berair.
  • Sensasi panas saat buang air kecil.
  • Pendarahan setelah hubungan seksual.
  • Tidak nyaman saat berhubungan seksual.

Perawatan.

Jika gejala yang muncul relatif ringan, atrofi vagina tidak perlu pengobatan. Gejala-gejala ringan dapat dihilangkan dengan menggunakan sebuah pelumas atau pelembab. Namun, jika gejala mengganggu mengganggu maka diperlukan perawatan. Secara umum, mengobati kekeringan vagina lebih efektif dengan topical vagina.






  • wahyu

    Dok saya mau tanya 3minggu yg lalu saya keputihan seperti keju lalu berubah seperti susu pecah sudah saya obatkan dan berangsur sembuh.. tapi dok saat berhubungan dgn suami saya knp suami saya merasakan vagina saya kasar saya juga merasakan saat saya pegang.. terasa kasar pd mulut vagina itu knp ya dok apakah itu gejala terkena jengger ayam.. kadang2 mulut vagina saya terasa lembut jaringannya gak kasar tp kadang berubah jd kasar. Apakah itu bisa disembuhkan dok saat berhubungan dgn suami saya juga nyeri saya merasakan pd saluran kencing saya nyeri dok.. mohon saran dan petunjuknya ya dok terimakasih.

    • beni

      doktere dokter kontol