Serak Karena Infeksi Saluran Nafas Bagian Atas

Bagi seorang penyanyi atau penyiar radio, suara adalah modal utama mereka. Tanpa suara yang merdu dan indah, mereka akan ditinggalkan oleh penggemarnya, dan ujung ujungnya mereka akan kehilangan ladang penghidupan. Oleh sebab itu mereka akan menjaga dan merawat suara yang merdu tersebut dengan sangat hati hati. Bahkan di belahan bumi yang lain, ada penyanyi yang sampai mengasuransikan suaranya sehingga bila kelak terjadi masalah dengan suaranya, mereka tetap bisa menikmati dana asuransi.

Ada satu penyakit yang sangat ditakuti oleh seorang penyanyi yaitu Radang Akut Laring atau dalam bahasa kedokteran disebut Laringitis Akut (LA). Mengapa mereka takut? Karena gejala yang muncul dari penyakit ini adalah suara yang serak/parau hingga hilang. Tentu mereka tidak mungkin menyanyi dengan suara parau, bisa bisa mereka dilempari sepatu saat manggung.

Serak Karena Infeksi Saluran Nafas Bagian Atas

Laringitis Akut (LA) pada umumnya merupakan kelanjutan dari infeksi yang sering terjadi pada saluran nafas bagian atas. Hal ini terjadi karena pengobatan terhadap infeksi tersebut tidak tuntas sehingga kuman akan menyerang daerah tetangganya dalam hal ini laring. Pada anak anak lebih berbahaya lagi, sebab bila Laringitis Akut (LA) tidak segera teratasi maka bisa menyebabkan sumbatan jalan nafas akibat saluran udara pada laring yang menyempit.

Serak dapat disebabkan oleh beberapa hal antara lain :

  • Infeksi saluran pernafasan.
  • Luka akibat menghirup asap.
  • Laringitis/perdangan pita suara.
  • Kanker pita suara.
  • Kelumpuhan pita suara.
  • Pperasi di daerah pita suara.
  • Merokok atau mengkonsumsi alkohol.

Penyanyi Yang Bersuara Retak

Gejala.

Gejala khas serak adalah suara terdengar kasar.

Pengobatan.

Pengobatan serak tergantung dari penyebabnya. Pengobatan umum untuk serak adalah dengan mengistirahatkan pita suara untuk beberapa waktu serta tidak merokok dan minum alkohol.