Sembelit Merupakan Penyakit Sistem Pencernaan

Sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan mengalami pengerasan feses atau tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Sembelit berarti sesuatu yang berbeda untuk orang yang berlainan. Untuk banyak orang, hal ini hanya berarti jarang BAB. Penderita sembelit akan sulit mengeluarkan tinja.

Pada dunia kesehatan dan dalam ilmu kesehatan penyakit perut atau gejala gangguan lambung disebut juga dengan istilah sembelit atau konstipasi. Sembelit merupakan penyakit perut yang menyerang sistem pencernaan pada bagian usus. Pada dasarnya penyebab sembelit adalah kurangnya asupan makanan berserat tinggi dan juga air mineral

Sembelit Merupakan Penyakit Sistem Pencernaan

Stress, depresi, kurang olahraga, dan usia yang kian lanjut menjadi pemicu sembelit. Sembelit berbahaya jika terjadi lebih dari tiga minggu, apalagi jika berat badan juga ikut turun. Kotoran yang seharusnya dibuang kemudian mengendap dalam perut. Kandungan air di dalam kotoran tersebut kemudian diserap usus. Jika dibiarkan lama-kelamaan akan terjadi kanker usus.

Gejala.

Susah buang air besar, perut mulas, dan terkadang nyeri.

Pencegahan.

Sembelit bisa dicegah dengan banyak mengkonsumsi air putih dan makanan berserat.