Cream Pemutih Wajah Yashodara

Radang Selaput Dada Di Sekitar Paru-Paru

Nyeri dada hampir selalu menyebabkan kecemasan karena lokasinya berada di dekat jantung. Oleh karena itu, keluhan tersebut termasuk yang paling sering dikonsultasikan ke dokter. Padahal, penyebabnya tidak selalu berkaitan dengan jantung.

Manifestasi nyeri dada dapat berbeda-berbeda tergantung penyebabnya. Rasa nyeri mungkin dirasakan hanya di satu sisi atau di kedua sisi dada, terbatas atau menjalar sampai ke punggung atau lengan, berlangsung singkat atau lama, terjadi pada saat istirahat atau ketika beraktivitas/bernafas. Rasa nyeri sering terjadi bersamaan dengan gejala lain seperti mual, muntah, sesak nafas, berkeringat, atau gelisah.

Radang Selaput Dada Di Sekitar Paru-Paru

Radang selaput dada adalah peradangan pada lapisan jaringan tipis di sekitar paru-paru. Lapisan tipis, dikenal sebagai pleura yang letaknya di sekitar paru-paru. Pleura berfungsi melancarkan gerakan antara dinding dada dan paru-paru untuk bernapas. Pleura menjadi kasar dan kaku ketika meradang. Karena paru-paru mengembang, peradangan ini membuat pernapasan menyakitkan.

Tanda dan Gejala.

Sakit dengan napas adalah gejala yang paling umum dari radang selaput dada. Nyeri di dada sering digambarkan sebagai “knifelike”. Rasa sakit meningkat setiap kali menarik napas. Orang yang terkena sering bernapas pendek-pendek untuk mengurangi rasa sakit radang selaput dada. Pernapasan pendek dalam waktu lama dapat mengakibatkan runtuhnya bagian paru-paru yang dikenal sebagai atelektasis.

Pengobatan.

Pengobatan ditujukan untuk mengurangi peradangan pleura. Hal ini biasanya dilakukan dengan obat anti inflamasi seperti ibuprofen.