Pes Planus Adalah Telapak Kaki Yang Rata

Telapak kaki yang rata atau dikenal dengan sebutan kaki datar atau flat feet adalah salah satu kondisi yang paling umum ditemui oleh podiatris, yang dialami oleh sekitar 20 sampai 30% dari populasi di dunia. Flat feet, disebut juga pes planus atau fallen arches, mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki rata atau datar. Seluruh bagian telapak kaki menempel atau hampir menempel pada tanah.

Pes Planus adalah suatu kondisi di mana lengkungan atau kura-kura kaki kaki turun sehingga menyentuh tanah. Pada beberapa individu, lengkungan ini tidak pernah berkembang saat mereka sedang tumbuh. Kaki datar adalah kondisi umum di masa awal pertumbuhan bayi. Pada bayi dan balita, lengkungan tidak berkembang sehingga kaki menjadi rata. Lengkungan baru berkembang di masa kanak-kanak hingga dewasa.

Pes Planus Adalah Telapak Kaki Yang Rata

Pada anak-anak kaki datar sering menimbulkan rasa sakit penyebabnya adalah kondisi yang disebut tarsal koalisi. Dalam tarsal koalisi, dua atau lebih dari tulang-tulang di kaki bekerja bersama-sama. Hal ini membatasi gerak dan sering mengarah pada kaki yang datar.

Kebanyakan kaki datar tidak menimbulkan rasa sakit atau masalah lain. Kaki datar berhubungan dengan pronasi, di mana tulang-tulang pergelangan kaki ramping ke dalam menuju garis tengah. Sakit kaki, pergelangan kaki sakit, atau nyeri tungkai bawah (terutama pada anak-anak) mungkin akibat kaki rata dan harus dievaluasi oleh dokter. Sedangkan pada orang dewasa dapat mengalami kondisi ini ketika mereka berusia 60-70 tahun.

Gejala.

  • Tidak adanya lengkungan kaki ketika berdiri.
  • Kaki sakit.
  • Tumit miring menjauh dari garis tengah tubuh lebih dari biasanya.

Gadis Cantik Mempunyai Telapak Kaki Yang Rata

Perawatan.

Kaki datar adalah rasa sakit tidak memerlukan pengobatan. Jika seseorang merasa sakit karena kaki datar, sebuah orthotic (lengkungan pendukung dalam sepatu) dapat memberikan bantuan. Namun jika kaku perlu pemeriksaan dokter. Dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai setelah diketahui penyebab dari kaki datar. Namun jika rasa sakit tetap saja dialami, pembedahan mungkin diperlukan.