Perawatan Terhadap Kulit Sensitif

Memiliki kulit sensitif bisa menjadi sebuah penderitaan sendiri. Kulit mudah iritasi, bengkak, ruam, hingga rasa perih seperti terbakar.

“Perempuan dengan kulit sensitif memiliki sistem kekebalan hiperaktif yang bereaksi terhadap produk tertentu atau kondisi cuaca sebagai musuh dan melawannya, reaksi ini sering menyebabkan kulit gatal-gatal kemerahan, perasaan menyengat, terbakar, dan mengelupas.” kata Marianna Blyumin-Karasik, MD, dermatolog asal Miami, AS.

Perawatan Terhadap Kulit Sensitif

Kulit sensitif ditandai dengan adanya iritasi, seperti eritema, scaling, rasa menyengat, gatal, terbakar dan kencang, yang timbul setelah penggunaan kosmetik dan perawatan tubuh. Juga ditemukan kasus yang lebih parah yaitu eksim atopik pada orang dengan kulit sensitif.

Kulit sensitif merespon sangat cepat apabila kulit bereaksi dengan faktor lingkungan seperti sinar matahari, polusi, cuaca dingin dan bahan-bahan kimia di perlengkapan mandi. Lapisan kulit yang paling sensitif terhadap perubahan lingkungan, perawatan kulit dan kosmetik, adalah lapisan paling luar disebut stratum korneum juga dikenal sebagai pelindung kulit.

Dalam studi ilmiah, hipersensitifitas terhadap rangsangan pada kulit sensitif berkorelasi dengan meningkatnya permeabilitas dinding pelindung kulit. Kandungan rendah faktor pertumbuhan saraf telah diamati juga pada pelindung kulit pada kulit sensitif. Rendahnya faktor ini dapat dengan mudah memicu peradangan kulit. Oleh karena itu, kualitas yang kurang bagus dari pelindung kulit berhubungan dengan kulit sensitif.

Perawatan yang tepat terhadap pelindung kulit sangat penting untuk menjaga kulit agar tetap sehat sepanjang masa. Semakin cepat Anda memulai perawatan kulit, semakin baik kondisi kulit Anda. Kondisi pelindung kulit adalah kunci untuk kulit yang sehat yang bisa ditandai dengan penampilan yang menarik, jika perawatan yang tepat dipertahankan.

Perawatan yang tepat untuk pelindung kulit harus mencakup pembersihan, pemakaian pelembab dan pemakaian perlindungan pada lapisan. Jika kulit Anda sensitif, untuk menjaga tetap sehat mungkin lebih sulit daripada yang dibayangkan. Anda harus benar-benar telaten dan hati-hati dalam melakukan perawatan kulit sensitif.

Kebanyakan produk perawatan kulit di pasaran mengandung sejumlah bahan kimia. Dan Anda tentu tahu bahwa orang yang kondisi kulitnya tidak sensitif juga bisa menderita terkena efek produk-produk tersebut. Oleh karena itu, pemakaian bahan kimia bukanlah solusi yang terbaik untuk Anda. Karena alasan tersebut, banyak perusahaan yang mulai memakai zat kimia yang ringan untuk produk-produknya. Sayangnya, hasil pemakaian produk mereka juga tidak menjamin hasil akhir yang tepat. Untuk itu carilah produk-produk berbahan natural yang sudah dibuktikan secara klinis keampuhannya.

Jika Kulit Wajah Tidak Sensitif Maka Jelas Terlihat Cantik

Tips Merawat Kulit Sensitif.

  • Pastikan kondisi kulit selalu lembab. Karena begitu kering akan menimbulkan infeksi, iritasi atau kerusakan karena paparan sinar matahari. Pakailah produk yang sesuai dengan kebutuhan kondisi tersebut.
  • Asupan makanan bergizi juga mempunyai peranan penting. Untuk itu banyak-banyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan yang kandungan airnya tinggi, juga yang mengandung vitamin.
  • Sepanjang hari usahakan banyak minum air putih, hindari kondisi dehidrasi.- Pada saat membersihkan wajah / mandi jangan terlalu bersemangat atau terlalu keras menggosoknya, karena hal tersebut akan mengangkat lapisan lipid dan membuat kulit mudah terluka oleh faktor luar /lingkungan. Juga perhatikan dalam memilih produk pelembab, pastikan kandungan airnya tinggi.
  • Hati-hati terhadap produk-produk yang mengandung pewangi atau parfum, karena produk tersebut dikenal sebagai pemicu timbulnya alergi.

Kesimpulannya : Kulit sensitif bisa diatasi ketika perawatan yang tepat terhadap kondisi kulit tersebut dipertahankan pada usia yang lebih muda, tindakan ini sebagai terapi pencegahan.