Perawatan Kulit Tubuh Sesuai Usia

Sudah menjadi ketentuan alam jika setiap pertambahan usia membawa konsekuensi penurunan kualitas tubuh. Kulit wajah yang saat muda halus dan kencang, semakin bertambah usia, semakin menunjukkan tanda-tanda penuaan seperti kerut, keriput, garis halus dan flek hitam. Proses penuaan pada kulit terjadi karena kulit tidak dapat lagi menghasilkan banyak kolagen dan elastin, yang fungsinya untuk mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Penurunan produksi kolagen dan elastin dialami oleh orang-orang yang berusia di atas 30 tahun, karena kulitnya semakin tua, semakin menipis dan kering. Banyak cara dapat dilakukan untuk memperlambat proses penuaan dan tetap awet muda, salah satunya dengan melakukan perawatan wajah sejak dini secara rutin. Perawatan wajah sebaiknya dilakukan sesuai dengan kondisi kulit.

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh yang melindungi tubuh kita. Jadi, perawatannya harus diperhatikan. Merawat kulit tubuh tidak hanya berdasarkan jenis kulit saja, tapi juga berdasarkan usia. Usia yang berbeda memerlukan perawatan yang berbeda pula. Sejak kecil sebaiknya kulit tubuh sudah dirawat, seperti rajin membersihkan kulit, menggunakan lotion pada kulit, dan mengonsumsi buah dan sayur untuk memberi nutrisi pada kulit.

Perawatan Kulit Tubuh Sesuai Usia

Olah raga dan pola hidup sehat memiliki peranan yang penting pada kondisi kulit Anda, banyak manfaat yang didapat dengan berolah raga secara rutin seperti membersihkan pori-pori dari kotoran, kulit menjadi lebih kencang sehingga dapat mencegah timbulnya keriput dan ketika Anda berolah raga maka Anda akan merasa haus sehingga dengan minum tubuh tidak akan kekurangan cairan dan menjadikan kulit Anda lebih segar. Sesuaikan olah raga yang Anda lakukan dengan usia Anda saat ini untuk mendapatkan manfaat yang maksimal karena olah raga yang berlebihan akan berdampak kurang baik pada tubuh dan kulit Anda.

Selain itu khusus untuk perawatan kulit Anda dapat menyesuaikan usia dengan cara masing-masing.

Cara merawat kulit tubuh sesuai usia berikut ini :

1.    Usia 20-an.

Usia 20-an merupakan usia dengan penampilan kulit yang sangat bagus dan kencang. Ini karena produksi hormon dalam tubuh kita masih seimbang. Bila perawatan kulit tubuh kita mulai sejak usia ini, kelak kulit tubuh kita pun akan lebih sehat dan cantik. Untuk merawat kulit tubuh pada usia ini gunakanlah produk pelembap yang mengandung SPF. Untuk kulit wajah gunakanlah toner dan pembersih yang dapat memperbarui sel kulit, mencerahkan, dan juga menyeimbangkan pH kulit.

2.    Usia 30-an.

Pada usia ini, biasanya beberapa wanita mengalami penuaan dini. Beberapa tanda penuaan dini mulai muncul, seperti kerut-kerut halus pada beberapa bagian tertentu. Penuaan dini biasanya terjadi karena kebiasaan yang tidak sehat seperti merokok dan konsumsi alkohol, stres, atau paparan matahari. Faktor-faktor tadi dapat membuat produksi kolagen dalam tubuh menurun sehingga kulit menjadi keriput dan mengendur.

Untuk perawatan kulit tubuh sesuai usia 30an, kita harus tetap memakai pelembap dan tabir surya untuk melindungi kulit. Selain itu, kita juga dapat memakai beberapa produk untuk mengurangi kerutan pada kulit. Memakai masker dan peeling bisa untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Produk kulit yang mengandung PHA dapat membantu pembentukan sel-sel kulit baru.

3.    Usia 40-an.

Pada usia 40an, kulit sudah mulai menunjukkan penuaan. Kerut dan flek sudah mulai muncul. Untuk tetap merawat kulit tubuh sesuai usia 40an, gunakanlah krim antiaging. Bila pada kulit kita sudah mulai muncul flek hitam, kita dapat memakai produk spot corrector.