Cream Pemutih Wajah Yashodara

Penyempitan Lubang Uretra

Uretra merupakan bagian terpenting dari saluran kemih. Pada pria dan wanita, uretra mempunyai fungsi utama untuk mengalirkan urin keluar dari tubuh. Saluran uretra juga penting dalam proses ejakulasi semen dari saluran reproduksi pria. Uretra pria berbentuk pipa yang menyerupai alat penyiram bunga.

Pada striktur uretra terjadi penyempitan dari lumen uretra akibat terbentuknya jaringan fibrotik pada dinding uretra. Striktur uretra menyebabkan gangguan dalam berkemih, mulai dari aliran berkemih yang mengecil sampai sama sekali tidak dapat mengalirkan urin keluar dari tubuh. Urin yang tidak dapat keluar dari tubuh dapat menyebabkan banyak komplikasi, dengan komplikasi terberat adalah gagal ginjal.

Penyempitan Lubang Uretra

Striktur uretra masih merupakan masalah yang sering ditemukan pada bagian dunia tertentu. Striktur uretra lebih sering terjadi pada pria dari pada wanita, karena uretra pada wanita lebih pendek dan jarang terkena infeksi. Segala sesuatu yang melukai uretra dapat menyebabkan striktur. Orang dapat terlahir dengan striktur uretra, meskipun hal itu jarang terjadi.

Meatal stenosis adalah suatu penyempitan lubang uretra, lubang pembuangan urin dari tubuh. Meatal stenosis dapat menyerang laki-laki dan perempuan, tetapi lebih sering terjadi pada laki-laki.

Pada laki-laki, seringkali disebabkan oleh peradangan akibat sunat bayi yang baru lahir. Ini mengarah pada pertumbuhan jaringan normal dan jaringan parut di uretra. Masalahnya biasanya tidak terdeteksi sampai anak dilatih untuk kiencing sendiri.

Pada wanita, kondisi ini adalah bawaan lahir, sebuah kelainan yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan membasahi tempat tidur. Meskipun kurang umum, kondisi ini juga dapat dilihat pada wanita dewasa.

Penyempitan Lubang Uretra

Gejala.

Gejala umum antara lain: kekuatan dan arah aliran kemih, Celah sempit di lubang penis anak laki-laki, ketidaknyamanan saat buang air kecil, pendarahan (hematuria) setelah buang air kecil, infeksi saluran kemih.

Pengobatan.

Pada wanita, meatal stenosis biasanya dapat dirawat. Hal ini dilakukan dengan menggunakan anestesi lokal untuk mematikan rasa di daerah yang akan dilebarkan lubangnya dengan instrumen khusus. Pada anak laki-laki, dengan pembedahan kecil untuk memperbesar lubang urin.