Cream Pemutih Wajah Yashodara

Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit Hipertiroid

Penyebab Dan Cara Mengatasi Penyakit HipertiroidPada dasarnya Kelenjar tiroid adalah salah satu dari kelenjar endokrin terbesar pada tubuh manusia. Kelenjar ini dapat ditemui di bagian depan leher, sedikit di bawah laring. Kelenjar ini berfungsi untuk mengatur kecepatan tubuh membakar energi, membuat protein, dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lainnya.

Kelenjar tiroid terletak di leher bagian depan, tepat di bawah kartilago krikoid, disamping kiri dan kanan trakea. Pada orang dewasa beratnya lenih kurang 18 gram. Kelenjar ini terdiri atas dua lobus yaitu lobus kiri dan lobus kanan yang dipisahkan oleh isthmus. Masing-masing lobus kelenjar ini mempunyai ketebalan lebih kurang 2 cm, lebr 2,5 cm, dan panjan 4 cm. tiap-tiap lobus mempunyai lobuli yang dimasing-masing lobuli terdapat folikel dan para folikuler.

Di dalam folikel ini terdapat rongga yang berisi koloid dimana harmon-hormon di sintesa. Kelenjar tiroid mendapat sirkulasi darah dari arteri tiroidea superior dan arteri tiroida inferior. Arteri tiroida superior merupakan percabangan dari arteri karotis eksternl dan arteri tiroida inferior merupakan percabangan dari arteri subklavia.

Kelenjar tiroid terletak di leher. Ia menghasilkan hormon yang dilepaskan ke dalam aliran darah untuk mengontrol pertumbuhan tubuh dan metabolisme. Hipertiroid atau overactive thyroid (tiroid yang terlalu aktif) berarti tiroid Anda membuat terlalu banyak hormon tiroid.

Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Kondisi yang sebaliknya pun bisa terjadi, Hipotiroid, dimana tiroid membuat terlalu sedikit hormon tiroid, biasanya hal ini disebabkan operasi pengangkatan kelenjar Tiroid.

Penyebab Hipertiroid

Dalam hal ini, Hipertiroid dapat disebabkan oleh :

  • Penyakit Graves.
  • Tumor.
  • Ketidak seimbangan hormon (Pemasukkan yang berlebihan dari hormon-hormon tiroid -Pengeluaran yang abnormal dari TSH/Thyroid Stimulating Hormon).
  • Tiroiditis (peradangan kelenjar tiroid).
  • Pemasukkan yodium yang berlebihan.

Memiliki hormon tiroid terlalu banyak dapat membuat banyak hal dalam kecepatan tubuh Anda. Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat, memiliki detak jantung yang cepat, berkeringat banyak, atau merasa gugup dan moody. Atau bisa saja anda Anda tidak memiliki gejala sama sekali, yang terdeteksi pada saat melakukan Pemeriksaan kesehatan.

Tanda dan Gejala Hipertiroid

Anda mungkin tidak memiliki gejala sama sekali. atau :

  • Merasa gugup, murung, lemah, atau lelah.
  • Tangan tremor/bergetar, jantung berdetak cepat, atau Anda mungkin memiliki masalah pernapasan.
  • Panas dan berkeringat atau memiliki kulit gatal, merah dan hangat.
  • Buang air besar lebih banyak dari biasanya.
  • Rambut rontok.
  • Turun berat badan meskipun Anda makan sama atau lebih banyak dari biasanya.

Mengatasi Hipertiroid

Jika Anda memiliki gejala-gejala tersebut, hubungi dokter Anda. Ada beberapa pilihan terapi yang biasanya diberikan untuk penderita hipertiroid yaitu, obat antitiroid, yodium radioaktif dan pembedahan. Yodium radioaktif dan obat antitiroid adalah yang paling sering digunakan.

Pengobatan terbaik untuk Anda akan tergantung pada sejumlah hal, termasuk usia Anda. Beberapa orang membutuhkan lebih dari satu jenis perawatan. Tanpa pengobatan, hipertiroid bisa menyebabkan masalah-masalah yang serius seperti masalah jantung, masalah tulang, dan kondisi berbahaya yang disebut thyroid storm (badai tiroid).

Bahkan jika gejalanya tidak mengganggu, anda masih perlu perawatan atau terapi dari dokter. Demikian artikel mengenai penyakit Hipertiroid. Semoga bermanfaat.






  • putut baruno

    Dok , istri saya ciri2 sperti tiroid. Gemetaran, sesek napas,sering masuk angin, berat badan menurun.trus saya priksa T3 hasil 429, T4 hasil 19,16 TSHs hasil 0,0150. Yg ingin saya tanyakan, tiroid saya bisa disembuhkan dgn obat saja gak dok? Trus pantangan makanan? Apa kl tiroid gak blh minum air es ( dingin )? Usia saya 31 thn, nama monalisa. Trimakasih atas jawab nya