Penyakit Yang Menyerang Telinga Bagian Dalam

Penyakit Meniere adalah kekacauan dari aliran cairan-cairan dari telinga dalam. Meskipun penyebab dari penyakit Meniere tidak diketahui, ia mungkin berakibat dari kelainan dalam cara cairan telinga dalam diatur. Pada kebanyakan kasus-kasus hanya satu telinga yang terlibat, namun kedua telinga mungkin dipengaruhi pada kira-kira 10% sampai 20% dari pasien-pasien. Penyakit Meniere secara khas mulai antara umur 20 dan 50 tahun (meskipun telah dilaporkan pada hampir semua kelompok umur). Pria-pria dan wanita-wanita sama-sama dipengaruhi. Gejala-gejala mungkin hanya gangguan minor, atau dapat menjadi melumpuhkan, terutama jika serangan-serangan dari vertigo berat/parah, seringkali, dan terjadi tanpa peringatan. Penyakit Meniere juga disebut idiopathic endolymphatic hydrops.

Penyakit Meniere adalah gangguan yang menyerang telinga bagian dalam dan spontan menyebabkan vertigo, dibarengi dengan gangguan pendengaran yang fluktuatif, telinga berdenging (tinnitus), dan rasa tekanan di telinga. Pada kebanyakan kasus, penyakit Meniere hanya mempengaruhi satu telinga saja. Orang-orang pada usia 40-an dan 50-an lebih berisiko memiliki penyakit ini dibandingkan kelompok usia lainnya, tetapi penyakit ini bisa juga terjadi pada siapa saja, bahkan anak-anak.

Penyakit Yang Menyerang Telinga Bagian Dalam

Tanda-tanda dan gejala utama dari penyakit Meniere adalah :

1. Vertigo yang berulang. Vertigo adalah sensasi yang mirip dengan pengalaman ketika tubuh berputar cepat beberapa kali dan tiba-tiba berhenti. Tubuh akan merasa seolah-olah ruangan berputar dan kehilangan keseimbangan. Episode vertigo terjadi tanpa peringatan dan biasanya berlangsung selama 20 menit sampai dua jam atau lebih, bahkan hingga 24 jam. Vertigo yang berat dapat menyebabkan mual dan muntah.

2. Gangguan pendengaran. Gangguan pendengaran pada penyakit Meniere dapat berfluktuasi, terutama pada permulaan penyakit. Kebanyakan penderita Meniere mengalami gangguan pendengaran permanen akhirnya.

3. Tinnitus. Tinnitus adalah suara dering, mendengung, meraung, bersiul atau mendesis di telinga. Pada penyakit Meniere, tinnitus sering terdengar pada nada rendah.

4. Kepenuhan aural. Kepenuhan aural adalah perasaan penuh atau tekanan dalam telinga.

Gejala penyakit Meniere dimulai dengan perasaan penuh di telinga, kemudian terjadi tinnitus dan penurunan fungsi pendengaran diikuti dengan vertigo yang berat disertai mual dan muntah. Gejala ini bisa berlangsung dua sampai tiga jam.

Tingkat keparahan, frekuensi, dan durasi gangguan bervariasi, terutama pada awal penyakit. Sebagai contoh, bisa saja hanya muncul gejala vertigo berat yang sering, sedangkan gejala lainnya hanya ringan.

Atau bisa saja vertigo dan kehilangan pendengaran yang dialami hanya ringan dan jarang, namun tinnitus yang lebih sering mengganggu.

Penyakit Menyerang Telinga Bagian Dalam

Penyebab.

Penyebab dari penyakit Meniere masih belum diketahui dengan jelas. Tampaknya penyakit ini merupakan akibat volume atau komposisi cairan di telinga bagian dalam yang tidak normal.

Telinga bagian dalam dihubungkan oleh rongga yang disebut labirin. Bagian luar telinga bagian dalam terbuat dari tulang yang disebut tulang labirin. Sedangkan di bagian dalam adalah struktur membran lembut (labirin membranosa) yang bentuknya seperti labirin tulang, namun sedikit lebih kecil.

Labirin membranosa berisi cairan (endolymph) dan dilapisi dengan rambut yang merespon gerakan cairan.

Agar semua sensor di telinga bagian dalam berfungsi dengan baik, cairan perlu mempertahankan volume, tekanan dan komposisi kimia tertentu. Faktor-faktor yang mengubah cairan telinga bagian dalam dapat menyebabkan penyakit Meniere.

Para ilmuwan telah mengusulkan sejumlah penyebab atau pemicu yang potensial, antara lain :

1. Jumlah cairan yang tidak tepat, mungkin karena penyumbatan atau kelainan anatomi.
2. Respon imun yang abnormal.
3. Alergi.
4. Infeksi virus.
5. Genetik.
6. Cedera trauma pada kepala.

Karena tidak ada penyebab tunggal yang dapat diidentifikasi, kemungkinan penyakit Meniere disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor tersebut.

Penyakit Yang Menyerang Telinga Bagian Dalam

Perawatan dan obat-obatan.

Tidak ada obat untuk penyakit Meniere, tetapi sejumlah cara dapat membantu mengelola gejala-gejalanya. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan penderita penyakit Meniere merespon terhadap pengobatan, meskipun gangguan pendengaran jangka panjang sulit dicegah.

Dokter mungkin meresepkan obat yang harus diambil selama vertigo untuk mengurangi parahnya gejala :

1. Obat penyakit gerakan seperti meclizine (Antivert) atau diazepam (Valium) dapat mengurangi sensasi berputar yang diakibatkan vertigo dan membantu mengontrol mual dan muntah.

2. Obat anti mual seperti prometazin dapat mengontrol mual dan muntah selama mengalami vertigo.

Pengobatan jangka panjang.

Dokter akan meresepkan obat untuk memperlancar buang air kecil (diuretik) seperti kombinasi obat triamterene dan hidroklorotiazid. Mengurangi jumlah cairan tubuh dapat membantu mengatur volume cairan dan tekanan di telinga bagian dalam.

Bagi sebagian orang, diuretik membantu mengendalikan tingkat keparahan dan frekuensi gejala penyakit Meniere.

Karena obat diuretik menyebabkan lebih sering buang air kecil, tubuh bisa kehabisan mineral tertentu. Jika meminum obat diuretik, pastikan setiap minggu memakan tiga atau empat porsi ekstra makanan kaya kalium seperti pisang, melon, jeruk, bayam dan ubi jalar.

Terapi dan prosedur noninvasif.

Beberapa penderita Meniere dapat menjalani terapi dan prosedur noninvasif seperti :

1. Rehabilitasi.
Jika mengalami masalah dengan keseimbangan tubuh selama mengalami ertigo, rehabilitasi vestibular akan sangat membantu. Tujuan dari terapi ini adalah untuk membantu tubuh dan otak mengembalikan kemampuan untuk memproses informasi dengan benar.

2. Alat bantu pendengaran.
Dokter bisa merujuk ke audiolog untuk mendiskusikan apakah alat bantu pendengaran dapat menjadi pilihan terbaik.

3. Perangkat Meniett.
Perangkat yang disebut generator pulsa Meniett memberikan tekanan ke saluran telinga melalui tabung ventilasi. Pengobatan ini dilakukan di rumah tiga kali sehari selama lima menit.

Obat disuntikkan ke dalam telinga tengah dan kemudian diserap ke dalam telinga bagian dalam untuk memperbaiki gejala vertigo :

1. Gentamisin, antibiotik yang meracuni ke telinga dalam, mengurangi keseimbangan telinga. Metode ini sering berhasil mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan vertigo. Risikonya, terjadi gangguan pendengaran lebih lanjut.

2. Steroid juga dapat membantu mengendalikan serangan vertigo pada beberapa orang. Meskipun deksametason sedikit kurang efektif dibanding gentamisin, deksametason lebih kurang berisiko.

Penyakit Yang Menyerang Telinga Bagian Dalam

Operasi.

Jika serangan vertigo yang berhubungan dengan penyakit Meniere sangat parah dan perawatan lainnya tidak dapat membantu, operasi nampaknya menjadi pilihan.

Prosedurnya meliputi:

1. Prosedur kantung Endolimfatik.
Kantung endolimfatik berperan dalam mengatur kadar cairan telinga dalam. Prosedur-prosedur bedah dapat mengurangi vertigo dengan mengurangi produksi cairan atau meningkatkan penyerapan cairan.

2. Dalam dekompresi endolimfatik kantung, sebagian kecil tulang akan dihapus dari kantung endolimfatik.
Dalam beberapa kasus, prosedur ini ditambah dengan penempatan shunt, yaitu tabung yang mengalirkan cairan yang berlebihan dari telinga bagian dalam.

3. Bagian vestibular saraf. Prosedur ini melibatkan pemotongan saraf yang menghubungkan sensor keseimbangan dan gerakan dalam telinga bagian dalam ke otak (saraf vestibular). Prosedur ini biasanya mampu memperbaiki gangguan vertigo.

4. Labyrinthectomy.
Ahli bedah menghapus sebagian atau seluruh telinga bagian dalam, sehingga membebaskan alat keseimbangan dan fungsi pendengaran dari telinga yang terkena. Prosedur ini dilakukan hanya jika sudah terjadi gangguan pendengaran dekat atau total.

  • Ir. Dr. Idzni Syauqillah

    Waw keren bgt deh. Thanks dokter gaul sdh memberitahukan penyakit ini. Soalnya aku dokter anak. Thanks yah :D

  • http://GOOGLE ALDA

    DOK..AKU MENGALAMI SAKIT TELINGA DI BAGIAN KANAN,TAPI SEBELUMNYA AKU MENGALAMI SAKIT TELINGA DI BAGIAN KIRI..SETELAH SEMBUH DI BAGIAN KIRI TERUS SAKIT LAGI DI BAGIAN KANAN,AWALNYA TELINGA SAYA SAKIT BGN KIRI ITU MENGELUARKAN CAIRAN YG BAU,TAPI SEWTELAH ITU SEMBUH, TERUS TELINGA SAKIT BG KANAN YAITU BENGKAK…DUUUU SAKIT BANGAT,,,KALAU KUNYA MAKANAN TELINGA TERSA SAKIT BANGAT.,.,..MOHON TIPSNYA DOKTER GAULL….???

  • http://larismanis putri handayani

    mmmmmm,,
    mmng susah yach klo udah terkena penyakit pada telinga

  • gladis

    Ini knp ya telinga q tiba2 bermasalah ? Bukan msalah pendengaran.tapi kayanya gendang nya. Rasa nya seperti waktu kita mandi trus kemasukan air.sperti itu rsanya.tapi sya ngrasain sperti itu pas tadi pagii mau bangun.kenapa ya ? Mohon petunjuknya… Trima kasih.

  • Rusli

    2 hari ini ditelinga sebelah kanan saya seperti ada bunyi gruk..gruk.. datangnya tiba-tiba dan juga hilang beberapa lama saya merasa terganggu kalau muncul bunyi ini…mohon info Dok..bagaimana tentang penyakit ini apa yang harus dilakukan dengan gangguan ini
    Terimakasih atas tanggapan Dokter atas keluhan ini

  • yandis

    dok mohon petunjuk gmn caranya hilangin air dr dalam telinga aq uda hampir 1 tahun menderita penyakit ini terkadang ada yg keluar terkadang jg 1 minggu br ada lagi yg keluar dan airx sangat bau ni dok.

  • http://doktergaul.com uyunk

    tmnd” klo udh ngersain skit pda telinga buru” diperiksa y..jgn dianggp sepele..
    soalnya dpat membuat gendang telinga bolong..
    jenis penyakitnya ada 2
    jinak sma ganas..
    klo msih jinak msih bisa kalian obatin tnpa operasi..
    tapi klo udh ganas dy bsa menyerang selaput otak lbih prah lagi bisa
    menyebabkan kematian..

    • roy

      dok penyakit yg menyerang leher bagian belakang mpe benkak dsebut pa dok..??
      awal’a dari dalam telinga keluar nanah terus ga lama kemudian jd benkak leher.. mohon penjelaSAnya dok trms.

  • Hendra

    dok,sudah yang kedua kalinya saya mengalami sakit telinga dalam sebelah kiri seperti keluar cairan,ketika saya korek pake cutton bath ternyata ada kotoran hitam lekat.
    Tolong informasi cara pengobatannya ya dok.
    Terima kasih .

    • EDDY

      telinga kanan saya sakit,awalnya seperti yg kemasukan air.tp berbulan2 tak sembuh2.udah 2x ke dokter tht juga tak kunjung sembuh malah makin parah sakitnya,saya dikasih obat mefinal 500mg+tetes telinga yg warna putih.dan kalau diteteskan airnya itu berbusa,tp tdk msk ke dalam telinga cuma ditengah telinga saja,dan waktu itu saya mengalami gatal yg parah,akhirnya saya coba pake korek telinga,dan keluar warna hitam kental mirip dodol.dan sekarangpun telinga saya mkn sakit dan menjalar sakitnya ke pundak sama kepala,saya minta solusi dari dokter cara pengobatan alami yg mungkin bisa saya racik sendiri,untuk kesembuhan sakit telinga saya.saya tunggu balasannya dok di e-mail,atau no hp ini.087821919607,makasih.

  • http://www.sukmomebel.com anton

    dok, minta solusinya nich. sehabis berenang dilaut telinga saya tiba – tiba gatal trus selang 2 hari keluar cairan kuning, tlong kasih tau obatnya dan cara penyembuhannya yang aman, hingga saat ini masih keluar air kuning, pless bantuaannya. jd gak nyaman kumpl ma temen

  • Syarif

    Dok, telinga kiri saya tidak bisa mendengar scra tiba” dan saya gk tau pnyebabnya
    Ksh tau donk cara pengobatan.nya ?

  • Jhones

    sebagian gejalanya hampir sama dengan saya:
    Hanya 1 bagian telinga (telinga kanan),Tinnitus(suara berdenging,mendesis),Dan telinga saya terasa padat.
    Tambahan,telinga saya agak terasa gatal di bagian dalam.
    Dan sedikit membengkak..

  • irawan

    sore DOk..
    saya mengalami gangguan pendengaran telinga kanan saya sejak SD dan sampai sekarang uda 20 th tetap aja didak bisa mendengar..
    saya perna cek ke Dokter THT setelat di cek ternyata gendang telinga saya masi bagus, lalu dokter menganjurkan saya untuk terapi ion kalau gak salah namanya, terapi ini memancarkan gelombang panas dekat area telinga saya dok. dan setalah berapa kali saya ikut terapai tepap aja tidal ada perkembangannya..
    saya ada merasakan kan dok pas saya sholat sujut agak lama dikit saya merasakan telinga kanan saya agak berat dok, dan ada yang bilak dok itu karna ad penyumbatan di dibelakan gendang telingan bagian dalam.
    yang saya tanyakan apa penyebab masalah pendengaran yang saya alami saat ini dok..
    terimakasih

  • http://dasdas sigantengkalemz

    gan, ane pernah kena penyakit telinga berdenging. alhamdulilah udah aga sembuh. saran ane, kalo kena ni penyakit, mending langsung ke dokter tht.
    untuk yang tinggal di bandung, ane berobat nya di klinik jaya abadi, di jalan buah batu. nama dokternya asti sama purwaningsih (agak lupa, mudah2an bener. maap dok kalo namanya salah hehehe.)

    jangan lupa berdoa sama tuhan ya gan. biar disembuhkan.
    ada juga yang bilang, telinga berdenging bisa ilang kalo kita minum susu milo sama nasi panas yang digulung di daun pisang, terus ditiupin ke telinga. tapi dah ane coba, cuma ngefek dikit.

    • julian

      dikasih resep apa gan.?

  • vivien

    dok,,, anak saya sekarang 2th,7 bulan , saat umurnya setahun lebih keluar cairan dari telinganya, berulang kali sy bw ke dokter setempat dikasi obat tetapi hanya berhenti sementara, lalu hanya beberapa minggu kemudian keluar lagi,,,saya sudah berpindah dokter sampai 4kali telinganya masih seperti itu kadang mengeluarkan bau kadang juga tidak….bagaimana mengatasinya dok? mohon bantuannya

  • Sugianto

    Dok minta solusinya telinga bagian kanan saya cos terkena ledakan petasan dan ng bisa dengar sama skali

  • Rhyni

    udah 1 bulan in telinga ku sakit. dn Udah 2x ke dokter THT katax sih ada bisulx tp sampai skrng sakitx malah bertambah. trus sakitx itu nyeri sekali.. klw shlat apa lg sujud sakitx malah bertambah..
    itu pnyakit apa y dok mhon solusix

  • indriyani

    Dok, telinga baigian kanan saya tadinnya selalu terasa gatal sehingga kadang saya bersihkan dgn cotton buds, kemudian sekarang telinga saya malah terasa sakit di bagian dalamnya, smpai@ kalau makan pun ngunyahnya sakit. Ini penyebabnya karena apa dan cara mengobatinya bagaimana ya?
    Mohon Solusinya. Trms

  • http://- Jimy

    Dokter Gaul Yth, saya punya keluhan telinga mengeluarka cairan kuning kental, namun tidak berbau, ini terjadi yang ke-3 kalinya, pertama waktu masih di Mts (SMP) dulu, sembuh dg sendirinya, kedua terjadi saat umur kisaran 23than, sembuh dg obat resep dokter (tetes) tapi lupa mereknya, dan sekarang (umur 36th) kambuh lg sudah 3harian, mohon bantuan tips dan obat apa yg saya perlukan. Trims atas kosultasinya.

  • http://alazhar Al azhar

    Asssalammualaikum WB.
    dok Mau tanya Telinga Kanan saya Berdegung, kaya suara Angin, kadang, mengelitik,dan kadang berbunyi Ing, ing, dan saya udah kedokter Umum, bilanga nya ngak apa apa, dikasih Obat, juga ngak perobaha, lalu ke dokter THT juga Gitu dikasih obat ngak ada perubahan, pergi lagi Kdokter Tht yg lain diperiksa ngak ada apa? sekarang hamper 3 bulan, telinga ngak sakit cuma suara gemuruh terdengar saat bawa kereta, dan pendengaran sudah berkurang, orang bicara sebelah kanan aja ngak dengar, dan saat saya bicara suara saya terasa pedih, kadang kadang dalam telinga terdengar suar pisng, gelembung2 meletus, obat kampung udah, apa sebenarnya terjadi dok Solusinya bagaimana? soalnya pendengaran saya sudah berkurang>/? Amin sekian Mohon Bantuanya ? waasalam Alazhar. Drs.

  • Yakub Consulting

    Dok,, mohon bantuanya… saya mau tanya tentang biaya operasi untuk telinga kira2 berapa…
    gini dok,, kebetulan anak ibu kost tempat temen saya kost tidak memiliki lubang telinga semenjak lahir. dan daun telinganyapun tidak lengkap.. saat ini umur anak ini sekitar 4-5 tahun… mohon penjelasannya, apakah masih bisa di operasi atau tidak, jika bisa dioperasi, kira2 berapa biayanya… mohon dengan sangat saran dari dokter… terimakasih sebelumnya….

  • NOVA

    Dok..tlinga saya bagian kanan sakit skali..kmren saya coba priksa ke dokter THT..stelah saya liat pakai kamera dri dokter trsebut..sperti ada goresan kecil warna merah dok,,itu knapa yah dok??stiap kena udara dingin aplg AC,tlinga saya lgsg denyud sakit sperti padat bgtu dok…

    tolong solusi nya yah Dok…