Penyakit Wasir Atau Ambeien

Wasir atau yang banyak disebut masyarakat Indonesia sebagai ambeien. Wasir atau ambeien terjadi akibat adanya pelebaran pembuluh darah dibawah selaput lendir anus /dubur sehingga bisa membentuk gumpalan darah yang membentuk benjolan. Pelebaran pembuluh darah disebabkan karena aliran darah menuju ke jantung terhambat, lalu pembuluh darah tersebut ditutupi oleh selaput lendir, kulit, jaringan ikat atau otot-otot polos dan lama kelamaan membengkak dan membentuk benjolan.

Ukuran benjolan pada wasir dapat diketahui melalui pemeriksaan laboratorium diperkirakan ukuran benjolan pada wasir seperti buah anggur merah, ukuran tersebut diketahui apabila wasir yang dialami belum memasuki stadium akut atau parah.

Penyakit Wasir Atau Ambeien

Wasir/Ambeien/Hemorrhoid adalah salah satu jenis penyakit yang menyusahkan. Penderita penyakit ini akan merasa nyeri setiap kali duduk, berjalan ataupun tidur terlebih-lebih waktu buang air besar, maka akan lebih terasa sakitnya. Cara-cara pengobatan yang lama, selain melakukan operasi, umumnya mempergunakan obat luar, cara demikian hanya bersifat sementara, setelah daya obatnya hilang, maka rasa sakit akan menyerang kembali, Ini bukanlah cara yang sungguh-sungguh yang dapat menyembuhkan penyakit wasir/ambeien/hemorrhoid dengan sebaik-baiknya.

Pengertian Wasir.

Wasir atau hemoroid adalah membengkaknya jaringan dinding dubur (anus) yang mengandung pembuluh darah balik (vena). Penyakit ini tidak membahayakan jiwa dan adakalanya tidak menunjukkan keluhan.

Berdasarkan letaknya, wasir terbagi menjadi 2 jenis :

  • Hemoroid internal.
  • Hemoroid eksternal.

Penyakit Wasir Atau Ambeien Kronis

Faktor Pencetus Ambeien.

Pada dasarnya wasir ditimbulkan oleh tekanan rongga perut (abdomen) berkepanjangan yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah balik (vena) dan pembengkakan jaringan di dinding dubur. Kondisi ini biasanya dialami oleh orang yang sering mengejan, wanita hamil dan pekerja berat (angkat-angkat berat).

Beberapa faktor pencetus timbulnya wasir, diantaranya :

  • Sembelit (konstipasi). Kotoran yang keras menyebabkan seseorang sering mengejan saat buang air besar. Kondisi ini lambat laun dapat memicu timbulnya wasir.
  • Wanita hamil. Dalam keadaan hamil, tekanan rongga perut meningkat lantaran ada janin dalam kandungan. Tak jarang diikuti konstipasi, yang berpotensi menderita wasir. Kondisi yang sama dapt dialami oleh wanita pasca melahirkan karena mengejan.
  • Kegemukan, proses penuaan, diare berkepanjangan dan anal seks adalah faktor-faktor lain yang dapat memicu timbulnya wasir.

Tanda-tanda Ambeien atau Wasir :

Pada umumnya, wasir mudah dikenali terutama jika penderita menunjukkan tanda-tanda sebagai berikut :

  • Gatal dan nyeri di permukaan dubur.
  • Keluarnya lendir atau darah bersama kotoran.
  • Tetesan darah segar dari dubur.
  • Benjolan lunak di permukaan dubur. Pada kasus yang berat, timbul benjolan besar disertai rasa nyeri hingga perderita sulit duduk.
  • Kendati tanda-tanda wasir mudah dikenali, tidak semua penderita wasir menunjukkan adanya keluhan.

BAB Terasa Nyeri Karena Penyakit Wasir Atau Ambeien

Ambeien timbul karena :

  1. Terlalu banyak duduk.
  2. Diare yang menahun.
  3. Kehamilan ibu hamil yang diakibatkan perubahan hormon.
  4. Keturunan penderita ambeien.
  5. Hubungan seks lewat anus.
  6. Penyakit yang membuat mengejan penderita.
  7. Sembelit yang menahun.
  8. Penekanan kembali aliran darah vena.

Pantangan dan anjuran :

  1. Jalankan pola hidup sehat.
  2. Olahraga secara beratur setidaknya berjalan 2 km 2 x sehari.
  3. Banyak mengkomsumsi makanan berserat.
  4. Kurangi konsumsi cabe, merica dan gorengan.
  5. Minum air yang cukup setidaknya 8 gelas sehari.
  6. Jangan sering menahan BAB.
  7. Jangan mengeden berlebihan.
  8. Usahakan mengkonsumsi buah-buahan setidaknya 2 x sehari.