Penyakit Legionnaire Disebabkan Bakteri Legionella Pneumophila

Penyakit Legionnaire atau Legionnosis adalah suatu infeksi saluran pernafasan akut yang disebabkan oleh bakteri Legionella pneumophilia dan spesies lainnya dari Legionella yang bisa menyebabkan serangkaian penyakit, mulai dari batuk ringan dan demam sampai pneumonia. Penyakit ini merupakan 1-8% dari semua kasus pneumonia dan sekitar 4% dari pneumonia berat yang didapat di rumah sakit. Penyakit gangguan saluran napas ini biasanya  terjadi pada akhir musim panas dan awal musim gugur.

Penyakit Legioner merupakan salah satu jenis dari pneumonia yang dapat menyerang siapa saja, tetapi yang terutama mempengaruhi orang-orang yang usia lanjut, penyakit imunosupresi, perokok dll

Penyakit Legionnaire Disebabkan Bakteri Legionella Pneumophila

Hal ini disebabkan oleh bakteri Legionella pneumophila dan berhubungan dengan bakteri yang dapat ditemukan secara alami di lingkungan sumber air seperti sungai, danau dan waduk. Juga bisa ditemukan dalam kondensor, penguapan spa, dan alat pendingin.

Bakteri bertanggung jawab atas legiuner ‘penyakit termasuk genus Legionella. Ada sekitar 35 spesies Legionella dikenal untuk menghasilkan penyakit. Legionella spesies yang umumnya ditemukan dalam lingkungan perairan. Mereka dapat bertahan selama beberapa bulan di lingkungan basah.

Penyakit Legionnaire

Gejala.

Penyakit ini biasanya dimulai dengan sakit kepala, sakit pada otot. Gejala-gejala ini diikuti dengan demam tinggi (sampai dengan 40 -40,5 derajat C). Mual, muntah, dan diare juga dapat terjadi pada pasien. Pada hari kedua atau ketiga, batuk kering dan nyeri dada mulai mungkin terjadi. Kesulitan bernapas sering dilaporkan. Kebanyakan pasien menderita radang paru-paru, suatu kondisi di mana paru-paru dipenuhi cairan atau nanah.

Perawatan.

Antibiotik digunakan untuk mencegah menjalarnya infeksi. Pengobatan dimulai untuk menanggkal gejala, tanpa menunggu hasil laboratorium.