Penyakit Laringitis Pada Pita Suara

Laringitis adalah kotak suara yang mengizinkan kita untuk berbicara, berteriak, berbisik, dan bernyanyi. Laringitis terdiri dari rangka tulang rawan yang memondokkan pita-pita suara, yang ditutupi oleh lapisan lendir. Otot-otot di dalam  Laringitis menyesuaikan posisi, bentuk, dan tegangan dari pita-pita suara, mengizinkan kita untuk membuat suara-suara yang berbeda. Segala perubahan dalam aliran udara (yang dihasilkan oleh paru-paru) di seluruh pita-pita suara akan mempengaruhi suara dan kwalitas suara.

Biasanya pita suara membuka dan menutup dengan lancar, membentuk suara melalui pergerakan dan getaran. Tapi bila terjadi laringitis, pita suara anda menjadi meradang atau sakit. Pembengkakan ini menyebabkan distorsi dari suara yang dihasilkan oleh udara yang melewati laring. Akibatnya, suara akan terdengar serak. Dalam beberapa kasus laringitis, suara dapat menjadi begitu terdengar samar.

Penyakit Laringitis Pada Pita Suara

Laringitis dapat berlangsung dalam waktu singkat (akut) atau jangka panjang (kronis). Sebagian besar kasus laringitis sementara dipicu oleh infeksi virus atau regangan vokal dan tidak serius. Tapi suara serak kadang-kadang merupakan tanda yang lebih serius dari kondisi medis yang mendasari. Sebagian besar kasus laringitis berakhir kurang dari beberapa minggu dan disebabkan cuaca dingin.

Tanda dan Gejala.

Tanda dan Gejala laringitis dapat termasuk :

  • Serak.
  • Suara lemah atau kehilangan suara.
  • Rasa gatal dan kasar di tenggorokan.
  • Sakit tenggorokan.
  • Tenggorokan kering.
  • Batuk kering.
  • Kesulitan bernapas (pada anak-anak).

Pengobatan.

Pengobatan untuk laringitis tergantung pada penyebab. Laringitis akut disebabkan oleh virus sering membaik dengan sendirinya dalam seminggu atau lebih. Perawatan lain dapat dilakukan dengan cara mandi air panas, mengurangi bicara, minum banyak cairan untuk mencegah dehidrasi (menghindari alkohol dan kafein), memperlakukan penyebab laringitis, seperti mulas, merokok atau alkoholisme. Menghisap pelega tenggorokan, berkumur air garam atau mengunyah permen karet – ini tidak akan membantu sakit pita suara, tetapi dapat meringankan iritasi tenggorokan.






  • RahmanAulia

    Dok,
    Suara saya sering tidak terdengar saat berbicara,
    sehingga saya harus mengeluarkan tenaga ekstra seperti orang berteriak hanya untuk mengimbangi lawan bicara.
    Akibatnya saya jadi malas untuk berbicara karena merasa capek dan cenderung memilih jadi pendiam.
    Ini sudah saya alami sejak kecil tapi saya lupa kapan.

    Kira-kira apa penyebabnya?
    Apakah ada pengobatan untuk masalah saya ini?

  • http://anggagokill66@yahoo.com penyakit suara serak dan apa obatnya

    dok kenapa si setiap kali saya berbicara pelan-pelan selalu serak, apa dok penyebabnya dan apa dok obatnya.

  • mencari jawapan

    Dok,sudah terlalu lama saya mencari jawapan untuk masalah yang selama ini saya hadapi dok.. rasanya cukup buat saya malu untuk berbicara sama teman dok. sudah terlalu lama saya bersabar mencari jawapan ini dok. Gara-gara masalah ini,sampai hilang rasa keyakinan saya untuk bergaul depan umum dok.
    Saya rasa doktor tau,dan mengerti maksud saya.
    Masalahnya seperti ini dok,saya tak bisa mengeluarkan suara yang tinggi.malah kalau saya berteriak memanggil nama orang,nada suara nya itu susah sangat mau keluar malah keluar nada yang jelek. dan,sampai pada saat saya lemah sangat mau bersuara.
    saya berharap doktor bisa memberi saya tip buat penyembuh suara saya dok..
    terima kasih banyak buat jawapannya dok.

  • afiana

    Kalo ,, suara sering hilang muncul , hilang muncul , ad kemungkinan pita suara lumpuh gag ?? Dan kalo hilangnya suara itu d sebabkan karna , kecapeean , kedingingan dan terlalu berat pikiran , bisa disebut ,, kanker pita suara , ga ya dok ?