Cream Pemutih Wajah Yashodara

Penyakit Kanker Indung Telur

Kanker indung telur adalah terjadinya pertumbuhan sel-sel tidak lazim (kanker) pada satu atau dua bagian indung telur. Indung telur sendiri merupakan salah satu organ reproduksi yang sangat penting bagi perempuan. Dari organ reproduksi ini dihasilkan telur atau ovum, yang kelak bila bertemu sperma akan terjadi pembuahan (kehamilan). Indung telur juga merupakan sumber utama penghasil hormon reproduksi perempuan, seperti hormon estrogen dan progesteron. Letak indung telur sendiri adalah berada di sekitar panggul dan ada di dua sisi uterus (rahim).

Banyak kasus kanker indung telur banyak dialami oleh wanita usia 50-70 tahun. Kanker ini menyerang tidak hanya indung telur tapi berpotensi menyebar ke bagian lain termasuk panggul dan perut, bahkan bisa mencapai paru-paru dan hati. Hingga kini penyebab pasti dari kanker ini belum diketahui.

Penyakit Kanker Indung Telur

Para dokter memprediksi bahwa ada beberapa faktor resiko yang memungkinkan terjadinya kanker indung telur. Pemakaian obat kesuburan, pernah mengidap kanker payudara, riwayat keluarga yang menderita kanker payudara, serta riwayat keluarga yang menderita kolon, diduga menjadi faktor-faktor yang memungkinkan terjadinya kanker ini.

Gejala.

Gejala dari kanker ini bisa diketahui dari keluhan penderita pada bagian bawah perut, ovarium yang membesar, di dalam perut terkumpul banyak cairan, berat badan penderita menurun. Gejala lain bisa berupa, panggul yang terasa berat, siklus menstruasi yang abnormal, dan pendarahan pada vagina.

Pengobatan.

Pengangkatan kanker mungkin satu-satunya cara untuk menyembuhkan penyakit ini. Baru setelah pengangkatan dilakukan, akar-akar kanker bisa dimusnahkan.