Penyakit Gatal-Gatal

Penyakit gatal-gatal merupakan jenis penyakit kulit yang menyebabkan kita selalu ingin menggaruk. Penyakit ini selain menimbulkan rasa tidak nyaman juga bisa mengakibatkan kulit kita menjadi lecet-lecet. Penyakit gatal-gatal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah : infeksi jamur, alergi terhadap jenis makanan tertentu (seperti: ikan, udang, dll), alergi bahan tertentu pada kain pakaian, penyakit kencing manis (terutama pada malam hari), alergi obat-obatan tertentu (seperti pinisilin), serta gatal-gatal karena cuaca.

Gatal merupakan iritasi pada kulit yang memunculkan dorongan untuk menggaruk. Gatal merupakan masalah umum dan bisa lokal (terbatas pada satu bagian tubuh) atau umum (terjadi di seluruh tubuh atau di beberapa bidang yang berbeda). Istilah medis untuk gatal adalah pruritus.

Penyakit Gatal-Gatal

Gatal dapat disebabkan oleh berbagai kondisi. Mungkin yang paling umum yang menyebabkan gatal adalah psikologis, yaitu, karena stres, kegelisahan, dll. Stres juga dapat memperburuk gatal dari penyebab lain. Kulit kering merupakan salah satu penyebab sering dari gatal. Banyak orang juga melaporkan sengatan berkepanjangan berikut paparan radiasi UV dari matahari dapat menyebabkan gatal. Penyebab lainnya adalah gangguan metabolisme dan endokrin (misalnya, hati atau penyakit ginjal, hipertiroidisme), kanker (misalnya limfoma), reaksi terhadap obat-obatan, dan penyakit darah (misalnya, polisitemia vera). Gatal juga dapat hasil dari sengatan dan gigitan serangga seperti dari gigitan nyamuk atau kutu.

Infeksi dan infestasi dari kulit adalah penyebab lain gatal. Penyebab umum infeksi termasuk infeksi jamur pada selangkangan (tinea cruris) biasa dikenal sebagai atlet gatal, serta vagina gatal dan / atau anus gatal dari penyakit menular seksual (PMS) atau jenis infeksi lain.

Penyakit Gatal-Gatal

Gejala.

Dorongan untuk menggaruk pada daerah yang gatal.

Perawatan.

Menggaruk bagian yang gatal hanya melegakan untuk sementara tapi tak menyembuhkan gatal. Dokter biasanya akan memberikan atihistamin untuk mengobati gatal.

  • http://- Reizarossianna

    Saya mau tanya sudah beberapa bulan yang lalu bagian tangan dan kaki sekujur tubuh saya gatal saya sempat ke dokter katanya alergi cuaca dan saya diberi salep mometason mofacort nah sekarang gatal gatal itu tumbuh lagi namun jika di garuk rasanya makin gatan minta solusinya ya

  • http://karya-indo.blogspot.com hari

    saya mau tanya dokter..
    saya punya bekas penyakit kulit yang diselangkangan dan kemudian warna kulit menjadi putih (mungkin gara gara sering saya gosok karena pas sembuh itu warna kulit hitam), seperti kulit menipis. Alhasil mudah gatal memerah dan lecet bersamaan rasa perih tpi itu sifatnya cuman sementara (1-2 hari saja), Apa itu masih termasuk jamur ya dok?
    Kalau itu jamur, apa jenis obat yg harus saya pakai?
    Sebelumnya Saya ucapkan terima kasih

    • Iwan

      Coba tanya kepada penjual jamursambil menunjukkan bagian tubuh anda yg kena jamur tsb, mungkin di tahu obatnya karena sudah terbiasa menangani jamur.
      Atau kalau mau lebih ampuh, gosok pakai amplas lalu siram dgn bensin. Kemudian oleskan cabe ijo dan cabe merahyg sudah ditumbuk secara bersamaan.
      Insya’alloh akan hilang tuh penyakit…!!

      • iwan kirik

        iwan kirik ini kalau posting ngawur mohon untuk tidak didengar saja

    • Onyet Baong

      loe sering coli sepertinya bang hari…sperma jika kena selangkangan paha akan mudah terjadi jamur….makanya kalau udah coli cepat2 cuci dengan bersih selangkangannya

  • ria

    minta solusinya doc

    setiap musim panas kulit saya gampang sekali gatal terutama d bagian punggung,setelah beberapa detik akan muncul bintik merah di sekujur tubuh kaki dan tangan…dan setelah beberapa menit akan hilang sendiri tanpa meninggalkan bekas.akan muncul kembali bila saya merasa kepanasan dan tidak nyaman dng udara.ini sangat menggangu aktifitas saya.

    trtimakasih

  • shahkryul niezam

    time kaseh

  • edy

    dok , saya punya keluhan tentang kulit saya nih dok di bagian leher belakang terdapat banyak luka semacam koreng yang di sebabkan saya garuk hingga luka ,. namun jika saya garuk koreng tersebut malah keluar cairan ,. nah ini penyakit saya termasuk penyakit gatal jamur atau semacamnya dok ?
    mohon solusinya dong dok
    terimakasih

  • anot

    Dok maU tanYa bintik2 dilidah blm sembuh apa solusi ya

  • arif wijaya

    dokter,minggu ini slangkanganku gatal,dan kulitku klu digigit nyamuk gmpng jd luka,dan gares gatal kyak mrintis obatnya

  • fiki

    obat gatal karena kena air hujan obatnya apa ya dok

  • firmansyah

    Dok, sy mau tanya ini penyakit apa ya yg terjadi pada kemaluan sy tiba tiba muncul rasa gatal lagi dikemaluan sya.Tks

  • Mita Rohmah

    dok saya mau Tanya sdh hamper 2bln ini saya mengalami sakit gatal-gatal.dan gatal -gatal itu terjadi pada sekujur tubuh saya kecuali pada wajah,saya pun sdh periksa ke dokter 3x tp gak ada kemajuan .yg gatal terutama pada daerah selakangan ,pusar,ketiak dok,apakah itu termASUK JAMUR /kulit kering /memang karna penyakit dari dalam ???tlg dok di jawab .kasih saya solusi

  • Fdj Razhi

    dok saya dapat penyakit di tangan paha kaki saya , bentol2 merah kecil pnyakit apa ya dok , dan kasih tau apa obatnya , apakah kena gigit tungau atau kutu dok