Penyakit Enuresis Pada Anak-Anak

Enuresis adalah keluarnya kencing yang sering terjadi pada anak-anak umumya pada malam hari.Enuresis yang biasa dikenal dengan istilah mengompol ini,jika terjadi di malam hari disebut dengan enuresis nocturnal,dan jika terjadi pada siang hari disebut dengan enuresis diurnal.

Pada umunya enuresis terjadi pada 10 % anak usia 5 tahun dan 5 % anak usia 10 tahun,jika enuresis ini terjadi pada anak yang lebih tua maka hal ini merupakan sesuatu abnormalitas dan menunjukan kandung kemih yang tidak stabil.

Penyakit Enuresis Pada Anak-Anak

Enuresis terbagi menjadi 2 yaitu :

  1. Enuresis primer.
  2. Enuresis sekunder.

Enuresis primer terjadi pada saat anak lahir sampai beranjak usia berkisar 5 atau 6 tahun dan mengompolnya tidak terputus sama sekali.

Berbeda dengan enuresis sekunder.Enuresis sekunder terjadi ketika anak sudah memiliki masa “kering”( masa dimana anak sudah tidak mengompol lagi ),tetapi anak tersebut mengalami enuresis kembali.Hal ini desebabkan karena kondisi kejiwaaan anak yang tidak stabil,seperti anak merasa tertekan,kematian,pindah rumah ataupun karena ada masalah dengan teman di sekolah.

Enuresis adalah nama medis untuk mengompol, atau sengaja buang air kecil pada anak-anak yang belum bisa mengontrol kandung kemih mereka. Anak perempuan biasanya lebih cepat bisa mengontrol kandung kemihnya dibanding anak laki-laki. Diagnosis enuresis diperlukan pada anak perempuan yang berusia di atas lima dan untuk anak laki-laki yang berusia di atas enam yang masih mengompol.

Ngompol Pada Anak-Anak

Beberapa jenis mengompol, antara lain :

  • Enuresis diurnal yaitu Mengompol pada siang hari.

  • Nokturnal enuresis yaitu Mengompol pada malam hari.

  • Enuresis primer yaitu Terjadi ketika anak tidak bisa kencing di toilet.

Pengobatan.

Pengobatan khusus untuk enuresis akan ditentukan oleh dokter berdasarkan :

  • Usia anak, kesehatan secara keseluruhan, dan sejarah medis.

  • http://www.meliasehatsejahtera januar haryono

    Salam Sehat Dokter,

    Mohon petunjuknya untuk kondisi yang dialami oleh anak saya seorang laki-laki usia 9 tahun 5 bulan (lahir 10 Maret 2004), yaitu anak saya masih ngompol terutama di malam hari bisa lebih dari 2x.
    Kondisi saat ini yang tempak (mungkin) diakibatkan efek dari ngompolnya adalah sering sekali (bahasa saya dan isteri) “kejet-kejet atau seperti geli”.
    Pertanyaan saya apakah benar yang dialami oleh anak saya tersebut adalah merupakan efek dari sering ngompolnya dia.
    Mohon petunjuknya dan arahannya dari Dokter karena sering saya dan isteri memarahinya tetapi efek dari dimarahi oleh kami selaku orang tua bukan menjadi berkurang atau berhenti “gelinya atau kejet2nya” tetapi malah semakin menjadi, dan saya khawatir akan terus dirasakan oleh anak saya sampai di dewasa.
    Terimakasih.
    Hormat saya

    Januar Haryono
    Hp. 0813.18.65.9595 dan Pin BB 282118D8