Penyakit Bersifat Progresif Pada Kulit

Scleroderma adalah penyakit yang langka menyerang pertahanan tubuh. Terbagi dua jenis Scleroderma yaitu Scleroderma systemic yang dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh seperti kulit, pembuluh darah dan organ bagian dalam lainnya yang sering disebut systemic sclerosis. Yang kedua Jenis localized hanya mempengaruhi kulit tetapi tidak mempengaruhi harapan hidup seseorang. Scleroderma systemic menyebabkan fibrosis yaitu perusakan jaringan,terbentuk dikulit maupun organ-organ bagian dalam lainnya. Fibrosis akan mengubah kulit atau organ lainnya mengeras. Sampai saat ini belum ada obat maupun perawatan yang telah terbukti menyembuhkan Scleroderma. Dan gejala pasien berbeda-beda satu sama lainnya.

Scleroderma adalah sebuah kelompok penyakit yang langka, penyakit ini bersifat progresif yang melibatkan pengerasan serta pengencangan kulit dan jaringan. Scleroderma hanya mempengaruhi kulit. Scleroderma sistemik juga merugikan organ-organ internal, seperti jantung, paru-paru, ginjal dan saluran pencernaan. Para ilmuwan memperkirakan bahwa sekitar 250 dari 1 juta orang mengalami beberapa bentuk Scleroderma.

Penyakit Bersifat Progresif Pada Kulit

Scleroderma dapat terjadi dalam keluarga yang memiliki kecenderungan atau riwayat penyakit ini, tetapi dalam banyak kasus juga terjadi di keluarga yang dikenal tidak memiliki kecenderungan untuk penyakit ini. Sekedar pengetahuan, Scleroderma tidak dianggap menular, tetapi bisa sangat mempengaruhi aktifitas penderita.

Pada dasarnya Scleroderma merupakan hasil dari overproduksi dan akumulasi kolagen dalam jaringan tubuh. Kolagen adalah sejenis protein berserat yang membentuk tubuh Anda jaringan penghubung, termasuk kulit. Walaupun dokter tidak yakin apa yang mendorong produksi kolagen yang tidak normal ini, sistem kekebalan tubuh tampaknya memainkan peran. Untuk alasan yang tidak diketahui, sistem kekebalan tubuh berbalik melawan tubuh, menghasilkan peradangan dan kolagen yang berlebih.

Gejala.

Gejala Scleroderma bervariasi tergantung pada sistem organ yang terlibat. Diagnosis dapat menjadi sulit karena beberapa gejala awal yang umum di populasi umum, dan tidak selalu terkait dengan scleroderma. Tanda-tanda yang paling lazim dan gejala Scleroderma meliputi :

  • Fenomena Raynaud. Reaksi berlebihan terhadap suhu dingin atau tekanan emosional, kondisi ini mengkonstriksi pembuluh darah kecil di tangan dan kaki dan menyebabkan mati rasa, nyeri atau perubahan warna pada jari tangan atau kaki.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD). Di samping refluks asam, yang dapat merusak kerongkongan bagian terdekat perut, mungkin juga mempunyai masalah jika anda menyerap nutrisi otot usus tidak bergerak dengan baik makanan melalui usus.
  • Perubahan kulit. Perubahan ini mungkin termasuk jari dan tangan bengkak; bercak-bercak penebalan kulit, terutama pada jari-jari dan kulit ketat di sekitar tangan, wajah atau mulut. Kulit dapat muncul mengkilap karena begitu ketat, dan gerakan dari daerah yang terkena dapat dibatasi.

Penyakit Kelainan Pada Kulit

Perawatan.

Scleroderma belum bisa disembuhkan. Tidak ada obat yang bisa menghentikan produksi kolagen yang berlebihan. Namun berbagai skleroderma lokal kadang-kadang sembuh sendiri. Dan berbagai obat-obatan dapat membantu mengendalikan gejala skleroderma atau membantu mencegah komplikasi.