Pengertian Operasi Ooforektomi Pada Wanita



Operasi Pengangkatan Indung Telur Pada WanitaOoforektomi merupakan suatu tindakan operatif mengangkat ovarium, metode ini dilakukan pada kasus-kasus : kanker ovarium, curiga tumor ovarium atau kanker tuba falopii (jarang).

Metode ini juga dapat dilakukan pada kasus-kasus infeksi atau digabungkan dengan histerektomi. Kadang-kadang wanita dengan kanker ovarium atau payudara tipe lanjut dilakukan suatu ooforektomi sebagai tindakan preventif atau profilaksis untuk mengurangi resiko penyebaran dari sel-sel kanker tersebut. Jarang sekali terjadi kelainan secara familial.

Ooforektomi adalah mengeluarkan indung telur melalui pembedahan atau tindakan menghancurkan indung telur. Operasi ini juga disebut ooforiektomi, namun istilah ini telah digunakan secara tradisional dalam penelitian ilmu dasar yang menggambarkan operasi pengangkatan indung telur pada hewan laboratorium. Pengangkatan indung telur pada wanita adalah setara biologis pengebirian pada pria, namun, istilah pengebirian hanya kadang-kadang digunakan dalam literatur medis untuk merujuk pada ooforektomi pada manusia.


Dalam ilmu kedokteran hewan, penghapusan lengkap dari indung telur, saluran telur, tanduk rahim, dan rahim disebut spaying dan merupakan bentuk sterilisasi. Pada manusia, ooforektomi paling sering dilakukan karena penyakit seperti kista ovarium atau kanker; sebagai profilaksis untuk mengurangi kemungkinan terkena kanker ovarium atau kanker payudara, atau dalam hubungannya dengan pengangkatan rahim.

Penghapusan ovarium bersama-sama dengan tabung tuba disebut salpingo-ooforektomi atau unilateral salpingo-ooforektomi (USO). Ketika kedua ovarium dan kedua tuba Fallopii dihapus, istilah bilateral salpingo-ooforektomi (BSO) digunakan.

Ooforektomi dan salpingo-ooforektomi bukanlah bentuk umum dari kontrol kelahiran pada manusia, lebih biasa adalah ligasi tuba, di mana saluran telur tersumbat namun indung telur tetap utuh. Ketika dilakukan sendirian (tanpa histerektomi), suatu ooforektomi umumnya dilakukan dengan laparotomi atau laparoskopi perut. Dalam banyak kasus, operasi pengangkatan indung telur dilakukan bersamaan dengan histerektomi.

Nama medis formal untuk menghilangkan seluruh sistem reproduksi wanita (ovarium, saluran telur, rahim) adalah perut Histerektomi Total dengan bilateral salpingo-ooforektomi (TAH-BSO); istilah yang lebih kasual untuk seperti operasi adalah” ovariohysterectomy “. The “histerektomi” Istilah ini sering digunakan untuk merujuk pada penghapusan dari setiap bagian dari sistem reproduksi wanita, termasuk hanya indung telur, namun definisi yang benar dari “histerektomi” adalah pengangkatan rahim tanpa pengangkatan indung telur atau saluran telur.