Pembentukan Batu Empedu

Empedu adalah cairan bersifat basa yang pahit dan berwarna hijau kekuningan karena mengandung pigmen bilirubin, biliverdin, dan urobilin yang disekresikan oleh hepatosit hati pada sebagian besar vertebrata.Setiap harinya cairan empedu di sekresikan oleh hati sebanyak 500-1000cc dimana sekresinya berjalan terus menerus, jumlah yang disekresikan akan meningkat jika mencerna lemak.

Pada beberapa spesies, empedu disimpan di dalam kantung empedu dan dilepaskan ke usus dua belas jari untuk membantu proses pencernaan makanan. Sebuah kantong empedu berbentuk terong dan merupakan membran berotot, letaknya dalam sebuah lobus disebelah permukaan dibawah hati sampai pinggir depannya, panjangnya 8-12 cm, berkapasitas 60 mL. Lapisan empedu(kantong) terdiri dari lapisan luar serosa/pariental, lapisan otot bergariss, lapisan dalam mukosa/viseral yang disebut juga membran mukosa.

Pembentukan Batu Empedu

Empedu berfungsi untuk membuang limbah tubuh tertentu (terutama pigmen hasil pemecahan sel darah merah dan kelebihan kolesterol) serta membantu pencernaan dan penyerapan lemak. Selain itu di dalam empedu juga terkadung sejumlah kolesterol yang biasanya tetap berbentuk cairan. Jika cairan empedu menjadi jenuh karena kolesterol, maka kolesterol bisa menjadi tidak larut dan membentuk endapan diluar empedu. Inilah yang membentuk batu empedu.

Komponen pembentuk batu empedu adalah kolesterol dan garam kalsium. Ukuran batu empedu bervariasi ukurannya, dari sebesar pasir hingga sebesar bola golf. Jumlah yang terbentuk juga bisa mencapai beberapa ribu. Akibat dari batu empedu antara lain infeksi pada saluran empedu, infeksi pankreas, dan juga hati.

Beberapa faktor resiko yang menyebabkan batu emperdu antara lain, obesitas, usia lanjut, diet tinggi lemak, dan juga faktor keturunan. Meski demikian. batu empedu ini dapat dicegah dengan mengurangi makan berkokesterol tinggi.

Gejala.

Gejala yang dijumpai pada penderita antara lain rasa nyeri, ini akibat batu empedu menyumbat saluran empedu. Penderita juga sering mual dan muntah.

Pengobatan.

Jika batu empedu sudah sampai stadium lanjut maka untuk mengeluarkan batu empedu dilakukan dengan operasi. Namun kini sedang dilakukan pengembangan dalam kedokteran untuk menyembuhkan batu empedu tanpa operasi.

  • jimmy saragih

    Dok, ibu saya baru operasi batu empedu..ia berusia 61 tahun.. tapi kenapa setelah operasi satu minggu dia masih merasa perih, kaki kebas kebas, selera makan berkurang, kepala pusing..mohon petunjuknya.. tq