Osteomalasia Mengacu Pada Pelunakan Tulang

Sebagaimana diketahui salah satu mineral utama penyusun tulang adalah kalsium. Kurangnya konsumsi kalsium akan mengakibatkan berkurangnya kalsium yang terdapat pada tulang, sehingga lama kelamaan akan terjadi perubahan pada mikroarstektur tulang dan tulang menjadi lunak Akibatnya tulang menjadi kehilangan kepadatan dan kekuatannya, sehingga mudah retak/patah.

Osteomalasia mengacu pada pelunakan tulang, biasanya disebabkan oleh kekurangan vitamin D. Pada anak-anak, kondisi ini disebut rakhitis. Osteomalasia berbeda dengan osteoporosis (kelainan tulang yang dapat juga menyebabkan patah tulang). Osteomalasia hasil dari sebuah cacat dalam proses pembentukan tulang, sedangkan osteoporosis berkembang karena melemahnya tulang yang sudah dibentuk sebelumnya.

Osteomalasia Mengacu Pada Pelunakan Tulang

Gejala.

Nyeri tulang dan kelemahan otot adalah tanda-tanda dan gejala utama dari osteomalasia. Pada tahap awal, mungkin tidak memiliki gejala osteomalasia, meskipun tanda-tanda osteomalasia dapat terlihat pada gambar sinar X atau tes diagnostik lainnya. Jika osteomalasia memburuk, kemungkinan penderita mengalami nyeri tulang dan kelemahan otot.

Nyeri yang berhubungan dengan osteomalasia paling sering mempengaruhi tulang punggung bagian bawah, panggul, dan kaki. Osteomalasia dapat mengakibatkan otot menurun, kelemahan dalam lengan dan kaki, berkurangnya kemampuan untuk berputar, gaya berjalan melenggang.

sinar X Pelunakan Tulang

Perawatan.

Pengobatan ditujukan untuk penyebab rendahnya tingkat vitamin D dan kalsium dan merawat sesuai dengan penyebab. Ketika osteomalasia muncul dari kekuarangan sinar matahari pemberian vitamin D dalam tubuh biasanya bisa menyembuhkan penyakit ini.Umumnya, orang dengan osteomalasia diberi suplemen vitamin D melalui mulut selama beberapa minggu sampai beberapa bulan.