Cream Pemutih Wajah Yashodara

Obat Cetirizine 10 mg

Cetirizine merupakan antihistamin generasi kedua, merupakan antihistamin selektif, antagonis reseptor H1 periferal dengan efek sedatif (kantuk)  yang rendah pada dosis aktif farmakologi/dosis anjuran. Cetirizine menghambat pelepasan histamin pada fase awal dan mengurangi perpindahan sel radang/inflamasi. Cetirizin digunakan pada pengobatan alergi, hay fever (atau rinitis alergi: allergic inflammation of the nasal airways, angioedema, dan urtikaria (biduran).

Antihistamin masih menjadi pilihan pertama pengobatan rinitis alergi. Dianjurkan antihistamin generasi kedua seperti cetirizine (cetirizine diHCl), desloratadin, fexofenadin, levocetirizine, atau loratadin.  Obat-obatan ini memiliki efek kantuk yang rendah pada dosis anjuran, tidak menimbulkan rasa berdebar-debar dan penggunaannya cukup sekali sehari. Berbeda dengan generasi pertama misal CTM dan difenhidramin yang memiliki efek senatif (mengantuk) juga menimbulkan rasa berdebar-debar. Untuk para penderita asma, obat ini aman, jangan minum Tremenza.

Obat Cetirizine 10 mg

Cetirizine telah masuk ke dalam kategori Obat Wajib Apotek dari Badan POM sehingga dapat dibeli di apotek melalui resep dokter. Sediaannya saat ini terdiri dari kapsul yang mengandung cetirizine dihidroklorida 10 mg. Obat ini juga tersedia dalam bentuk sirup kemasan botol 60 ml, setiap 5 ml sirup mengandung cetirizine dihidroklorida 5 mg. Untuk dosis dan pemakaian, penggunaan obat alergi cetirizine sebaiknya dikonsultasikan lebih dulu dengan ke dokter. Tetapi setelah direkomendasikan oleh dokter, pasien biasanya boleh untuk kembali membeli resep yang sama sesuai anjuran.

Cetirizine adalah metabolit aktif dari hidroksizin dengan kerja kuat dan panjang.
Merupakan antihistamin selektif, antagonis reseptor H1 periferal dengan efek sedative yang rendah pada dosis aktif farmakologi dan mempunyai sifat tambahan sebagai anti alergi.
Cetirizine menghambat pelepasan histamin pada fase awal dan mengurangi migrasi sel inflamasi.

Obat Cetirizine 10 mg kapsul

Komposisi.

Tiap kapsul mengandung cetirizine dihidroklorida 10 mg.

Indikasi.

Cetirizine diindikasikan untuk pengobatan perenial rinitis, alergi rinitis dan urtikaria idiopatik kronis.

Dosis.

Dewasa dan anak ≥ 12 tahun : 1 x sehari 1 kapsul.

Over dosis.

Rasa kantuk dapat timbul pada pemakaian 50 mg secara dosis tunggal.
Dapat terjadi agitasi pada anak-anak.