Mencegah Diabetes Dengan Pola Makan Seimbang

Diabetes Mellitus (DM) atau pada bahasa awam dikenal dengan nama kencing manis adalah suatu penyakit yang disebabkan karena adanya peningkatan kadar gula (glukosa) dalam darah akibat kekurangan insulin. Jika serangga mengerumuni air seni penderita diabetes, hal ini menunjukkan adanya kaar gula yang tinggi dalam air seni itu. Itu sebabnya diabetes sering disebut sebagai penyakit kencing manis

Penderita diabetes senantiasa menyeimbangkan antara asupan makanan dan kadar gula darah. Salah satu pertanyaan yang sering diajukan oleh mereka yang baru saja di diagnosa sebagai diabetesi (sebutan bagi penderita diabetes) adalah “apa saja yang bisa saya makan?”. Untungnya, menjadi diabetesi bukan berarti harus mengikuti tipe pola makan yang kaku. Bahkan, konsep diet diabetes sesungguhnya adalah mitos. Pola makan tersehat untuk mereka sebenarnya sama saja dengan pola makan untuk non-diabetesi.
Mencegah Diabetes Dengan Pola Makan Seimbang

Satu lagi, menderita diabetes bukan berarti harus meninggalkan makanan favorit atau menolak undangan makan-makan di restoran. Semuanya masih dapat dilakukan. Hanya saja, menjadi diabetesi berarti harus sedikit menjaga apa saja yang diasup. Selain itu, bukan berarti juga harus menghindari gula, karena semua orang membutuhkan pola makan yang seimbang. Akan tetapi, harus ingat bahwa gula darah sangat dipengaruhi oleh asupan karbohidrat. Untuk mengendalikan gula darah, seorang diabetesi wajib memperhatikan jumlah karbohidrat dalam pola makannya.

Pola makan sehat untuk diabetesi adalah 25-30% lemak, 50-55% karbohidrat, dan 20% protein. Pilih jenis makanan dari semua grup makanan, termasuk sayuran, buah-buahan, daging, ikan, unggas, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, dan bijian utuh (whole grains). Selain karbohidrat, penting juga makanan kaya serat, misalnya buah-buahan, sayuran, tepung gandum, legume, dan kacang-kacangan. Demikian pula dengan ikan, seperti ikan cod, tuna, dan halibut. Ketiganya memiliki lemak dan karbohidrat yang rendah, dibanding daging dan daging unggas.
Diabetes Dengan Pola Makan Seimbang

Untuk lemak, makanan seperti alpukat, kacang almon, dan buah zaitun (semuanya mengandung lemak tak jenuh) dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Akan tetapi, jangan mengasup makanan tersebut terlalu banyak karena mereka mengandung lemak yang kalorinya tinggi.

Yang terpenting, cobalah terapkan pola makan dengan rumus 3J, yaitu Jenis beragam, Jadwal tetap, dan Jumlah cukup. Ini dapat membantu mengendalikan kadar gula darah agar tetap stabil.