Manfaat Daun Oregano Untuk Kesehatan

Rempah yang sering digunakan pada masakan Italia ini kaya nutrisi. Aromanya wangi khas membuat masakan menjadi lezat. Menurut sebuah penelitian terbaru rempah berdaun mungil ini mampu mengurangi resiko kanker prostat.

Pada zaman Yunani kuno, oregano digunakan untuk simbol suka cita. Tanaman ini pertama kali tumbuh diperkebunan Gunung Olympus. Panjang tanamannya sekitar 20-80 cm, banyak tumbuh di Mediterania, Asia Tengah dan Asia Selatan. Daunnya mungil dengan batang daun keras.

Manfaat Daun Oregano Untuk Kesehatan

Sebuah penelitian menemukan, oregano mengandung zat antiseptik, anti inflamasi, anti jamur dan anti virus. Jika oregano diseduh seperti teh dipercaya dapat mengatasi kesulitan makan pada anak. Selain itu juga bisa menyembuhkan gangguan pencernaan, kembung, batuk, kesulitan buang air kecil, gangguan menstruasi dan sakit kepala

Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Oregano tumbuh di daerah pegunungan terpencil di mana tidak ada polusi. Tanaman ini biasanya digunakan untuk membuat makanan seperti pizza dan spaghetti.

Selain untuk bahan pizza, daun Oregano dimanfaatkan sebagai obat. Daun dipetik pada saat tanaman kandungan minyaknya tinggi. Daun kemudian diaekstrak dalam proses yang sepenuhnya alami, sama sekali tidak ada bahan kimia atau pelarut yang digunakan.

Daun Oregano Sebagai Bahan Campura Pembuat Pizza

Kandungan.

Antioksidan, asam caffeic, eugenol, myrcene, asam oleanolic dan asam ursolat, serta senyawa antioksidan non-, carvone, caryophyllene, geraniol dan limonene.

Khasiat.

Oregano memiliki sejarah panjang dalam pengobatan, termasuk pengobatan penyakit pernafasan, arthritis, luka dan pencernaan. Hingga kini relatif sedikit penelitian ilmiah mengenai sifat obat dari tanaman ini. Namun dugaan sementara tanaman ini merupakan sumber fitonutrien yang diketahui aktif terhadap berbagai proses patologis dan penyakit kronis.