Cream Pemutih Wajah Yashodara

Manfaat Bunga Lavender

Bunga Lavender nama latinnya Lavandula afficinalis syn.L. angustifolia (Lamiaceae), berbentuk kecil dan berwarna ungu, itulah penampakan bunga lavender. Tanaman ini berasal dari Eropa, tepatnya di wilayah Perancis. Ia digunakan sebagai parfum. Perlengkapan upacara keagamaan (ritual) dan tanaman obat sejak zaman Romawi kuno. Sebutan bunga lavender bagi orang roma adalah lavare yang artinya menyegarkan.

Tumbuh baik di ketinggian 600 –1.350 m dpl di mana semakin tinggi tempat tumbuhnya, semakin baik kualitas minyak yang dihasilkannya. Perbanyakan tanaman lavender biasanya dengan menggunakan bijinya. Biji-biji yang tua dan sehat di-semaikan. Bila sudah tumbuh, dipindahkan ke polibeg. Ketika tingginya mencapai 15 – 20 cm, dapat dipindahkan ke dalam pot atau ditanam di halaman rumah. Warna ungu yang menarik ini dapat digosokkan ke kulit, selain aroma wangi, anda pun akan terhindar dari gigitan nyamuk.

Manfaat Bunga Lavender

Sedangkan komposisi utama dalam minyak lavender adalah linalool asetat yang mampu mengendorkan dan melemaskan sistem kerja urat-urat syaraf dan otot-otot yang tegang. Karena khasiat inilah bunga lavender sering digunakan sebagai bahan lotion antinyamuk, aromaterapi, parfum, minyak gosok, ramuan untuk mandi dan obat-obatan.

Lavender atau lavendel atau Lavandula adalah sebuah genus dari kawasan Medeterania. Tumbuhan yang termasuk dalam suku Lamiaceae ini memiliki 25-30 spesies. Kini Lavender berkembang di seluruh Eropa selatan, Australia, dan Amerika Serikat. Lavender adalah tumbuhan pendek bercabang yang tumbuh hingga ketinggian sekitar 60 sentimeter. Minyak Lavender dari bunga yang berwarna ungu memberikan aroma yang harum.

Kandungan :

  • Monoterpene Hidrokarbon.
  • Camphene.
  • Alokasi-ocimene.
  • Limonene.
  • Geraniol.
  • Lavandulol.
  • Nerol.

Khasiat.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa minyak esensial lavender mungkin bermanfaat dalam berbagai kondisi, termasuk insomnia, alopecia (kerontokan rambut), kecemasan, stres, dan nyeri pasca operasi. Namun, kebanyakan studi-studi tersebut sangat minim. Lavender juga sedang dipelajari untuk sifat antibakteri dan antivirus.