Makanan Alami Pencegah Datangnya Penyakit Kanker

Penyakit adalah sesuatu yang tidak disukai para manusia tetapi banyak sekali dari kita yang terkena penyakit baik itu penyakit umum maupun kronis. Salah satu pembunuh terbesar manusia ialah kanker. Kanker bisa mempunyai beberapa jenis, kanker otak, kanker payudara, dan lain-lain.

Kanker bukanlah suatu penyakit yang ringan. Langkah awal dalam pengobatan penyakit kanker adalah deteksi dengan benar bahwa gejala yang muncul pada tubuh pasien adalah benar-benar sel kanker ganas. Deteksi ini bisa dilakukan dengan pemeriksaan biopsy, sehingga langkah pengobatan bisa dilakukan secara cepat dan tepat. Langkah berikutnya adalah terapi pengobatan dengan cara konvensional. Namun pada kenyataannya pengobatan dengan cara ini sering kali kanker belum bisa diatasi secara total. Disinilah peran tanaman obat/herbal.

Makanan Alami Pencegah Datangnya Penyakit Kanker

Peran utama herbal adalah meningkatkan daya tahan tubuh pasien dan melokalisir sel-sel kaker sehingga sel-sel kanker tidak mudah menyebar, dan lebih mudah diangkat, juga tidak bersifat toksik sehingga lebih aman untuk tubuh pasien.

Kanker adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan siklus sel khas yang menimbulkan kemampuan sel untuk :

  •     Tumbuh tidak terkendali (pembelahan sel melebihi batas normal)
  •     Menyerang jaringan biologis di dekatnya.
  •     Bermigrasi ke jaringan tubuh yang lain melalui sirkulasi darah atau sistem limfatik, disebut metastasis.

Tiga jenis kanker inilah yang sangat ganas dan membunuh manusia yang membedakan dari tumor jinak. Sebagian besar kanker membentuk tumor, tetapi sebagiannya tidak seperti leukimia.

Jika kanker sudah masuk ke stadium empat akan sangat sulit diobati, karena kanker yang berada distadium empat sudah menyebar terlalu banyak sehingga sangat sulit untuk menghentikan kanker ini.

Makanan pun berpengaruh akan terjangkitnya penyakit kanker ini. Makanan juga menjadi salah satu faktor timbulnya kanker, apa lagi pada saat seperti sekarang ini, banyak makanan yang bermunculan dan kita tidak tahu apakah didalam makanan tersebut sudah streril apa mengandung zat yang berbahaya. Masalah seperti itu seringkali terjadi di Indonesia dikarenakan faktor ekonomi yang membuat para pedagang tidak punya banyak pilihan lain.

Ada beberapa jenis makanan yang dapat mencengah dari penyakit kanker ini. Cobalah membuat menu sehari-hari dari makanan alami dibawah ini.

Makanan Pencegah Penyakit Kanker

Berikut 10 makanan alami pencegah datangnya kanker :

1.    Avokad.

Kandungan antioksidan dan omega 3 dalam avokad sangat tinggi. Tidak hanya mampu mengurangi risiko kanker, tetapi juga mengurangi risiko katarak dan glaukoma atau kebutaan, serta menjaga kestabilan tekanan darah.

2.    Brokoli.

Brokoli, juga kubis dan kembang kol, memiliki kandungan phytochemical yang bisa memerangi beberapa jenis kanker. Sayuran tersebut juga rendah kalori dan tinggi serat.

3.    Wortel.

Wortel mengandung beta karoten dan antioksidan yang tinggi. Kedua zat tersebut dan kandungan falcarinol bisa mengurangi risiko kanker.

4.    Buah ara.

Buah ini bisa menangkal bakteri dan menurunkan berat badan. Kandungan benzaldehyde di dalamnya terbukti bisa menyusutkan ukuran tumor.

5.    Bawang putih.

Bawang putih bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi risiko beberapa jenis tumor. Jika dimakan dalam keadaan mentah, dapat mengurangi risiko berbagai jenis kanker perut.

6.    Anggur.

Kandungan antioksidan dalam anggur merah sangat tinggi. Zat tersebut bisa memperlambat perkembangan sel kanker dan tumor. Untuk hasil efektif konsumsilah anggur merah lima kali sehari.

7.    Jamur.

Jamur shitake bisa membantu meningkat sistem kekebalan tubuh sebagai zat antibakteri. Jamur tersebut sangat bagus untuk mencegah influenza, diabetes, dan sakit kepala serta mengurangi risiko kanker. Jamur maitake dan reishi juga bermanfaat sebagai antikanker.

8.    Anggur merah.

Minuman beralkohol ini mengandungan polyphenolnya tinggi dan merupakan sumber antioksidan yang luar biasa. Anggur merah memiliki dampak positif jika tidak diminum secara berlebihan. Kandungan polyphenol yang sangat tinggi sebenarnya terletak pada kulit anggur,

9.    Teh hijau.

Kandungan polyphenol, yang bisa memperlambat pertumbuhan sel kanker,  juga ditemukan di teh hijau. Keuntungan yang sama diperoleh melalui konsumsi teh hitam.

10.    Tomat.

Kandungan likopen pada tomat yang sangat tinggi bisa mengurangi berkembangnya zat radikal bebas pemicu kanker. Kandungan likopen yang tinggi dapat ditemukan pada tomat yang diolah menjadi pasta. Studi menunjukkan, likopen terserap maksimal ke dalam tubuh jika disertai dengan minyak.






  • Hikmatulhasanah

    da teu ngngge basa sunda deuihh….