Kunyit Papua Sebagai Obat Tradisional Mengobati Asam Lambung

Permasalahan dalam sistem pencernaan tidak boleh dibiarkan. Ada berbagai gangguan sistem pencernaan atau penyakit yang mungkin terjadi dan sering dibiarkan oleh banyak orang. Masalah pencernaan yang paling umum adalah penyakit naiknya asam lambung atau gastro-esophageal reflux, sebagian besar dikenal dengan penyakit maag. Penyakit naiknya asam lambung dapat mempengaruhi umur yang berbeda dari bayi, remaja, dan juga orang dewasa. Gangguan ini harus di beri perhatian khusus karena dapat menyebabkan masalah yang lebih serius yang dapat mempengaruhi sistem pernafasan.

Ada juga tanaman lain yang juga menyembuhkan asam lambung anda yaitu Kunyit Papua. Untuk mengobati sakit nyeri lambung direkom menggunakan ekstrak kunyit dengan jumlah dosis tiga kali 1,6 gram per hari, dengan waktu selama seminggu, Obat Tradisional Asam Lambung.

Kunyit Papua Sebagai Obat Tradisional Mengobati Asam Lambung

Senyawa aktif pada kunyit yang bekerja untuk mengatasi nyeri lambung adalah kandungan minyak atsiri seperti turmerone, cineol, borneol dan zingiberene. Kerja senyawa adalah mencegah produksi berlebih dari asam lambung, sehingga erosi selaput lendir pada lambung dapat dihindari. Zat alkaloid Curcumin sebagai antikuman berfungsi untuk merangsang dinding kantung empedu mengeluarkan cairan empedu. Sehingga sistem pencernaan bekerja lebih sempurna.

Obat Tradisional Asam Lambung dengan kunyit :

  •     Cincang dua rimpang kunyit seukuran ibu jari
  •     rebus sampai mendidih dengan 1,5 gelas air sekitar 15 menit
  •     Kemudian disaring untuk diminum tiga kali sehari sampai nyeri lambung tidak ada lagi
  •     Jika anda merasa pahit maka dapat dicampur dengan madu atau gula merah

Obat Tradisional Asam Lambung dengan Kunyit :

  •     Haluskan kunyit yang sudah bersih dengan beberapa alat.
  •     Dijemur dan dikeringkan sehingga menjadi bubuk kunyit.
  •     Ambil satu sendok teh.
  •     Tuang air mendidih setengah gelas dan aduk.
  •     Kemudian saring untuk diambil airnya, tambahkan madu, dan minum.

Pemakaian kunyit ini jangan berlebihan, karena akan menjadikan kandung empedu kosong, sehingga menyebabkan pencernaan terganggu. Dosis yang berlebihan akan kontraproduktif terhadap kerja lambung, yaitu karena konsentrasi asam lambung (asam klorida) tertekan.

Fungsi asam lambung dengan konsentrasi normal antara lain sebagai disinfektans, perangsang pengeluaran getah lambung, getah pankreas dan empedu, serta mengaktifkan enzim lambung. Nah, sudah percaya kan sekarang kalau tanaman herbal itu berkhasiat manjur untuk obat tradisional asam lambung.