Kehamilan Pada Minggu ke 13

Usia kehamilan bunda sudah memasuki 13 minggu itu berarti usia kehamilan bunda sudah memasuki trimester kedua, atau usia kehamilan bunda sudah genap tiga bulan. Plasenta sudah berkembang sempurna dan memberikan oksigen, nutrisi, serta membuang produk sisa janin. Plasenta juga memproduksi hormon progesteron dan estrogen untuk menjaga kehamilan. Kelopak mata bayi sudah terbentuk untuk melindungi mata janin selama perkembangan.

Pada usia 13 minggu bayi kira-kira berbobot 20 gram dengan panjang kira-kira 8 cm, masih terbilang kecil namun perkembangan otaknya sudah pesat. sekarang sang bayi mungil telah bisa menghisap jempol tangannya, sangat beruntung apabila sang bunda melihat di USG saat bayi dalam posisi demikian. Kelopak matanya sudah mampu menutup matanya secara utuh.Kehamilan Pada Minggu ke 13

Saat memasuki usia kehamilan 13 minggu, tulang-tulang yang membentuk tubuhnya kian kuat setiap harinya, dan gusi giginya sudah terbentuk sedemikian rupa yang menjadi dasar tumbuhnya gigi di kemudian hari.

Apa yang terjadi pada tubuh sang bunda pada kehamilan 13 minggu ini?

Bentuk payudara sang bunda mungkin akan terlihat lebih kencang dari biasanya, dan terlihat indah jika memakai baju ketat, hal ini terjadi karena pengaruh hormon Estrogen dan progesteron yang merangsang kelenjar penghasil susu di payudara Bunda dan membuat mereka tumbuh, tumbuh, dan tumbuh.

Perut sang bunda juga akan terlihat menggendut sedikit, namun dalam beberapa kasus terjadi perut sang bunda ada juga yang belum menunjukkan kehadiran sang bayi pada usia 3 bulan, jangan khawatir, karena setiap wanita mempunyai waktu yang berbeda-beda terhadap perkembangan janinnya termasuk tanda seperti cairan keputihan dalam miss v, yang biasanya muncul di trimester kehamilan pertama.