Kanker Tulang Pada Anak-Anak Dan Remaja

Penyakit kanker tulang memang salah satu penyakit yang paling jarang ditemui. Namun, meskipun penyakit ini jarang kita temui tapi yang namanya penyakit itu harus kita waspadai sejak dini, karena dengan pengetahuan, pencegahan dan pengobatan yang tepat bisa menyelamtkan diri kita untuk terhindar dari penyakit kanker tulang.

Kanker tulang disebabkan oleh masalah pada sel yang membuat tulang. Umumnya kanker tulang terjadi pada anak-anak dan remaja dan jarang terjadi pada orang dewasa atau lanjut usia. Kanker tulang pada orang dewasa biasanya terjadi akibat metastasis dari tumor lain. Perlu diketahui bahwa pada orang dewasa atau lanjut kanker tulang berbeda dengan penyakit osteoporosis penyakit yang ditandai dengan adanya kerapuhan di tulang karena kekurangan kalsium.

Kanker Tulang Pada Anak-Anak Dan Remaja

Hingga kini belum diketahui penyebab pasti dari kanker tulang. Ahli medis belum bisa menjelaskan mengapa satu orang bisa mengalami kanker tulang sedangkan orang lain tidak. Namun yang jelas bahwa penyakit ini tidak menular dan bukan karena faktor keturunan.

Gejala.

Gejala yang paling umum adalah rasa sakit pada tulang. Dalam kebanyakan kasus, gejala-gejala menjadi makin parah secara bertahap seiring dengan waktu. Awalnya, rasa sakit hanya muncul pada malam hari atau ketika beraktivitas. Dalam beberapa kasus, terdapat benjolan pada tulang atau di jaringan sekitar tulang.

Kanker Tulang

Pengobatan.

Ada berbagai metode untuk pengobatan kanker tulang. Perawatan yang terbaik didasarkan pada jenis kanker tulang, lokasi kanker, seberapa agresif kanker tersebut, dan apakah kanker telah menyerang jaringan di sekitarnya atau jauh (metastasis). Ada tiga jenis utama pengobatan untuk kanker tulang: operasi, kemoterapi, dan terapi radiasi. Jika kondisi sangat parah, kemungkinan terburuk adalah amputasi.