Jenis-Jenis Penyakit Batuk

Batuk merupakan penyakit yang sering kita jumpai pada orang-orang di sekeliling kita atau kita sendiri yang menderita batuk. Karena sering terjadi dan biasanya tidak berakibat buruk, maka batuk sering diabaikan atau dianggap tidak berbahaya. Batuk bukanlah penyakit, tetapi merupakan petunjuk bahwa ada yang tidak beres pada tubuh kita baik karena penyebab yang ringan sampai merupakan gejala dari penyakit yang berat yang dapat mematikan. Walaupun jenis batuk kelihatannya hampir sama, tetapi penyebabnya dapat berbeda.

Jangan menganggap enteng batuk karena ada beberapa Jenis-Jenis Penyakit Batuk yang dapat mengganggu aktifitas anda bahkan untuk jangka waktu yang sangat lama. Mengenal berbagai jenis Penyakit ini akan sangat bermanfaat untuk anda karena dengan demikian anda dapat mengetahui cara mengatasinya dengan efektif.

Jangan Anggap Remeh Bila Anda Mengalami Penyakit Batuk

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Secara Umum.

Secara umum, kita dapat mengelompokkan penyakit batuk menjadi 2, yaitu batuk produktif dan batuk tidak produktif. Pengelompokan ini didasarkan pada ada dan tidaknya dahak yang diproduksi oleh si penderita.

  • Batuk Produktif.

Masyarakat luas pada umumnya Mengenal Penyakit ini dengan sebutan batuk berdahak. Batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan dihasilkannya dahak. Batuk berdahak sangat mengganggu karena terasa gatal dan dahak akan keluar seiring dengan batuk. Hal ini membuat orang yang sedang mengalaminya harus bolak-balik membuang dahak setiap kali batuk. Hal ini tentu saja merepotkan terutama bagi mereka yang harus tetap beraktivitas saat batuk sedang menyerang.

Untuk mengatasi batuk berdahak, pilihlah obat batuk khusus untuk batuk berdahak. Perawatan di rumah juga dapat dilakukan dengan cara menghirup uap panas atau dengan banyak minum air putih hangat.

  • Batuk Tidak Produktif.

Batuk tidak produktif, atau batuk tidak berdahak atau disebut juga batuk kering, adalah jenis batuk yang tidak disertai produksi dahak yang berlebihan. Gatal di tenggorokan biasanya dialami oleh si penderita dan sangat mengganggu aktivitas. Untuk mengatasinya, minum obat batuk khusus untuk batuk kering, dan minum banyak air putih.

Jenis-Jenis Penyakit Batuk Lainnya.

Batuk ada juga yang dikelompokkan berdasarkan berapa lama batuk tersebut bertahan yaitu:

  • Batuk Akut.

Batuk akut merupakan jenis batuk yang berlangsung kurang dari 2 minggu. Batuk jenis ini biasanya disebabkan oleh masuk angin, influenza, atau infeksi sinus.

  • Batuk Kronik.

Batuk kronik merupakan jenis batuk yang bertahan selama lebih dari 2 minggu, bahkan ada juga yang menahun. Jenis batuk ini juga terjadi secara berulang. Penyebab batuk kronik antara lain adalah asma, TB, dan batuk rejan. Batuk rejan dapat dicegah sejak dini dengan cara memberikan imunisasi DPT. Cara mengatasinya adalah dengan segera menghubungi dokter agar tidak menjadi terlalu parah.

Dengan mengetahui jenis-jenisnya, maka saat Anda terserang batuk ada dapat mencari dan memberikan pengobatan yang tepat sesuai dengan jenis-jenis penyakit batuk yang Anda derita.






  • ariey

    bismillahirrahmanirrahim ..assalamualaikum wbt dan salam sejahtera ,
    Setelah membaca article anda mengenai batuk..dari situ sy ingin bertanya,
    saya telah mengalami batuk lbh daripada 3 bulan dan deman,selsema datang berulang kali.Kahak sy berwarna kuning dan kadang kala berubah ke warna putih berketul2 dan berbuih selepas mengambil ubat . setiap minggu sy diminta ke klinik n diberikan pelbagai ubat yang berbeza , ubat yang telah diberikan minggu lepas adalah co amoxiclav, ubat batuk , ubat sakit tekak , ubat demam n vitamin c namun masih tiada kesan dan batuk semakin teruk terutama pada waktu malam dan selepas mandi serta sy berasa dada sy semakin sakit .Dan kebelakangan ini pelbagai gejala yang saya rasa seperti sakit dada yang mencucuk2 membawa ke bahu , lengan ,dan tengah dan belakang dada..sy juga berasa letih dan lemah seluruh badan tanpa sebab dan selalunya terjadi semasa bangun dr tidur ,sesak nafas semasa berjalan dan kadang kala berlaku juga berberapa kali semasa sedang berehat ,berasa sejuk dan menggigil,pening dan pitam serta sakit dada kanan ,kiri tengah dada dan belakang dada semasa berbaring..dan apabila sy cuba beralih ke posisi lain dalam dada sy seolah ada bunyi angi di dalam air..hurmm Jd apakah sebenarnya yang sy alami ,sbb sy risau dgn semua ini..apakah yang perlu sy lakukan ..sya berharap sgt pihak anda dapat membantu ..