Janin Ibu Hamil Pada Usia Kehamilan 4-6 Bulan

Panjang janin bertambah dengan sangat cepat dan gerakan-gerakannya lebih kuat. Ibu dapat merasakan gerakan-gerakan janinnya dengan meraba perut. Rambut halus tumbuh diseluruh dipermukaan tubuh janin, yang disebut lanugo. Plasenta terbentuk dan berfungsi sepenuhnya. Panjang janin saat ini 16 cm dan beratnya 135 gram.

Jika melakukan USG saat ini mungkin anda dapat mengetahui jenis kelamin. Otot janinsudah berkembang dan menjadi kuat. Gerakannya semakin aktif. Ia sudah mulai menghisap ibu jarinya, menguap, merenggangkan tubuhnya, sudah menelan kencing, dan cegukan. Pada minggu ini jika sinar terang di letakkan di perut anda, bayi akan menggerakan tangan ke arah matanya. Sistem pencernaan janin pun mulai menjalankan fungsinya. Dalam waktu 24 jam janin menelan air ketuban sekitar 450-500 ml. Hati yang berfungsi membentuk darah, melakukan metabolisme hemoglobin dan bilirubin, lalu mengubahnya jadi biliverdin yang disalurkan ke usus sebagai bahan sisa metabolisme.

Janin Usia Kehamilan 4-6 BulanMemasuki trimester kedua, kondisi janin semakin kuat dan membutuhkan nutrisi dalam jumlah yang lebih besar untuk tumbuh. Di minggu ketigabelas, usia awal janin 4 bulan, Janin telah mampu mengedipkan mata dan merasakan rangsangan cahaya. Selain itu, janin sudah bisa mendengarkan detak jantung ibu. Plasenta mulai terbentuk. Panjang janin mencapai 7,5 cm dengan organ dalam yang mulai berfungsi dengan baik. Saat usia janin 4 bulan ini, pita suara pun mulai terbentuk dan duapuluh buah tunas gigi. Jari-jemari sudah terpisah dengan sempurna. Minggu keempatbelas, jenis kelamin telah terbentuk, sehingga sudah dapat dibedakan antara pria atau wanita. Minggu kelimabelas, berat 114 gram dan panjang 15 cm, rambut-rambut halus mulai tubuh. Minggu keenambelas, panjang 16 cm dan berat 135 gram, gerakan janin semakin lincah dan aktif.

Janin 5 bulan, memasuki minggu ketujuhbelas, pertumbuhan janin menyebabkan rahim semakin membesar hingga mendesak ulu hati ibu. Kulit bayi mulai tumbuh transparan dipenuhi pembuluh darah. Memasuki minggu kedelapanbelas, janin sudah bisa menggerakkan organ tubuh seperti tangan, kaki, dan berputar dengan aktif. Berat janin mencapai 150 gram. Selain suara dari ibu, janin telah mampu menangkap suara dari luar. Minggu kesembilanbelas, panjang 23 cm dan berat 200 gr, jutaan syaraf motorik pada otak telah terbentuk. Minggu keduapuluh, kulit tubuh semakin lengkap. Dua lapisan berupa epidermis dan dermis telah terbentuk. Sidik jari pun telah terlihat. Pada usia janin 5 bulan, Janin bertambah aktif bergerak. Rata-rata janin melakukan gerakan sebanyak 200 kali sehari. Tetapi tidak banyak yang dapat dirasakan ibu.

Janin Usia Kehamilan 4-6 BulanJanin 6 bulan, pada saat ini janin tumbuh hingga panjang 33 cm dan berat 575 gram. Selain suara dari luar, janin pun telah mampu menangkap perasaan ibu dengan sangat peka, bila ibu stress, sedih, atau senang, si janin pun turut merasakan. Minggu keduapuluh satu, organ tubuh janin mengalami pematangan fungsi. Minggu keduapuluh dua, gerak janin semakin terbatas karena ruang gerak yang semakin sempit. Minggu keduapuluh tiga, ukuran kepala dan tubuh semakin tampak seimbang. Minggu keduapuluh empat, organ pendengaran telah sempurna. Sehingga janin mampu mengikuti alunan irama musik atau menendang ketika mendengar suara yang disukai ataupun tidak disukai. Di trimester kedua ini, janin mulai memiliki pola gerak yang teratur, seperti kapan saat tidur dan kapan saat beraktivitas. Hal ini akan dirasakan oleh ibu.

Pada trimester kedua ini, janin semakin menunjukkan gerakan yang aktif. Ibu perlu berhati-hati dan waspada dengan rutin merasakan detak dan gerak si janin. Karena apabila tidak dijaga, si janin dapat mudah terlilit tali plasenta karena gerakannya yang agresif.