Cream Pemutih Wajah Yashodara

Informasi Dan Jenis-Jenis Katarak Mata

Seseorang yang sudah lanjut usia biasanya akan terancam beberapa penyakit yang berhubungan dengan anggota tubuhnya. Penyakit tersebut disebabkan oleh menurunnya beberapa fungsi organ tubuh, di antaranya mata. Penyakit yang sering menyerang mata pada usia senja salah satunya adalah penyakit mata katarak. Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenal katarak.

Katarak (Cataract) adalah penyakit mata penyebab kebutaan nomor satu di Indonesia. Gejalanya lensa mata seperti berselaput, berawan, atau keruh sehingga sinar tidak bisa masuk dan penglihatan menjadi kabur. Jika tidak ditangani dengan cepat, Katarak bisa menyebabkan kebutaan.

Lensa Mata Rusak Minimbulkan Penyakit Katarak Mata

Katarak disebabkan berbagai hal seperti paparan mata yang lama terhadap sinar matahari/ultravioloet atau sumber radiasi lainnya. Kemudian penyakit seperti diabetes, darah tinggi, usia tua, atau trauma fisik juga bisa menyebabkan katarak. Faktor keturunan/genetik juga mempengaruhi penyakit katarak pada usia lebih dini.

Umumnya, katarak disebabkan oleh usia seseorang yang sudah semakin tua. Katarak merupakan sejenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Lensa mata pun menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusnya. Keburaman tersebut bervariasi sesuai dengan tingkatannya. Keburaman tersebut mulai dari tingkat yang sedikir sampai dengan keburaman total sehingga menghalangi jalannya cahaya.

Selain usia yang sudah senja, penyakit katarak pun bisa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya katarak traumatic yang disebabkan oleh riwayat trauma atau cedera pada mata. Kemudian katarak sekunder yang disebabkan oleh penyakit atau gangguan metabolism, proses peradangan pada, dan lain-lain. Selanjutnya, katarak yang disebabkan oleh paparan sinar radiasi, katarak yang disebabkan oleh penggunaan obat-obatan jangka panjang seperti kortikosteroid dan obat penurun kolesterol. Serta katarak congenital yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Itulah di antaranya yang perlu kita ketahui untuk mengenal katarak.

Jenis-jenis katarak di antaranya :

  • Katarak senilis merupakan katarak yang dialami orang yang sudah berusia di atas 50 tahun. Penyakit katarak ini disebabkan oleh faktor degenerasi. Selanjutnya, jenis
  • Katarak jubvenille yang merupakan katarak pada bayi. Hal ini bisa terjadi saat ibu yang sedang hamil terkena virus atau tokso. Akibatnya, bayi yang dilahirkan memiliki katarak jubvenille.
  • Katarak traumatik yang disebabkan oleh trauma.
  • Katarak komplikata yang disebabkan oleh komplikasi penyakit.

Orang yang mengalami penyakit katarak tidak perlu takut dan gelisah. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja yang sudah lanjut usia. Secara umum, penyakit ini merupakan bagian dari proses usia yangs emakin tuda sehingga mengubah gambaran fisik dari lensa. Salah satu cara menangani katarak dengan cara operasi. Operasi katarak biasanya berhasil baik sehingga penderita memperoleh perbaikan dalam penglihatannya. Demikianlah hal-hal umum yang sebaiknya kita ketahui untuk mengenal katarak.