Informasi Bahaya Rokok Bagi Kesehatan Kulit

Mungkin sudah bukan hal yang biasa lagi jika kita mendengar bahwa rokok sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, karena sebenarnya sudah banyak peringatan dan pesan yang sering kita dengar dari berbagai media mengenai bahaya rokok tersebut bahkan sebenarnya sudah ada peringatan mengenai bahaya rokok tersebut di kemasan rokok itu sendiri.

Tapi anehnya tetap saja masih banyak orang yang merokok, entah hanya sekedar pengen di anggap sebagai anak gaul atau mungkin sudah menjadi kebutuhan bagi dirinya. Yang jelas apapun alasannya , kita harus sejak dini mengindari rokok tersebut, sebab efek dari asap rokok tersebut dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga yang  berat yang bisa membawa kita kepada kematian.

Kulit Pria Dan Wanita Cepat Menua Bila Merokok

Banyak alasan untuk berhenti merokok bagi kaum pria dan wanita. Yang paling jelas adalah penampilan dan kesehatan kulit. Berhenti merokok bagi wanita akan segera di anggap sebagai tips kecantikan terbaik sepanjang masa. Setiap sel dalam tubuh Anda terpengaruh oleh rokok. Bahkan, setiap sel dalam tubuh terkena beban racun karena merokok. Karena itu, merokok mempengaruhi kesehatan kulit, hingga ke tiap selnya.

Sering kali perokok terlihat lebih tua di bandingkan usia sebenarnya, dengan kulit kering keriput. Pernah ada sebuah penelitian yang terkenal dengan sepasang anak kembar perempuan. Pada usia 39, si kembar yang perokok tampak berusia sekitar 30 tahun. Sedangkan saudarinya yang tidak merokok tampak seolah-olah ia berada di akhir usia dua puluhan.

Studi si kembar ini memberi perokok wawasan langka betapa merokok telah mempengaruhi kesehatan kulit mereka. Sebuah iklan anti merokok Inggris bahkan terang-terangan menyatakan bahwa merokok membuat Anda jelek. Ini menjadi pukulan yang sangat telak, bagi wanita khususnya. Wanita menghabiskan uang miliaran di seluruh dunia untuk produk yang mampu mempertahankan atau mendapatkan kembali penampilan muda mereka.

Merokok menyakiti kulit, dan sulit untuk menyembunyikan efek yang timbul karenanya. Merokok menuakan usia kulit dan memiliki efek negatif lebih banyak dibandingkan apa pun selain kerusakan akibat matahari.

Merokok juga merusak serat yang membantu kulit tetap elastis dan kuat – yakni elastin dan kolagen pada kulit. Itu berarti kulit mulai melorot dan berkerut sebelum masanya. Dengan kata lain, kulit seorang perokok kehilangan cahaya dan penampilan sehat.

Masalah lain dengan kulit yang ditimbulkan akibat merokok adalah menipisnya vitamin A dan C. Merokok membatasi penyerapan vitamin-vitamin ke dalam tubuh. Vitamin A sangat penting dalam memperbaiki sel kulit, dan Vitamin C adalah antioksidan serta membantu tubuh menyerap zat besi. Akibatnya, banyak perokok akhirnya menderita anemia. Tubuhpun cenderung mengalami dehidrasi akibat merokok, dan kulit menjadi kering, seperti pengelupasan atau bibir pecah-pecah.

Karena kerusakan kulit akibat merokok ini, dan karena kondisi kulit yang lebih tipis akibat pasokan oksigen yang berkurang, sebagian besar ahli bedah plastik melakukan operasi plastik elektif pada perokok.

Merokok dan kanker kulit juga berhubungan. Karena kulit yang lebih tipis, perokok terpapar resiko terkena kanker kulit lebih dari tiga kali lipat dibandingkan yang bukan perokok.

Satu masalah kulit yang jamak bagi perokok adalah psoriasis. Psoriasis adalah kondisi kulit kronis yang tidak mengancam jiwa ataupun menular. Merokok sangat buruk untuk kulit dan membuatnya jauh lebih rentan terhadap psoriasis dibandingkan non-perokok.

  • Merokok mengubah warna kulit Anda.
  • Merokok mempengaruhi sistem peredaran darah Anda.
  • Merokok memberikan risiko kesehatan dan merusak kulit Anda. Elastisitas pada kulit akan terpengaruh oleh merokok. Merokok bahkan akan mengeringkan kulit dan menyebabkan lapisan kulit kering dan tidak sehat.
  • Merokok akan mempercepat timbulnya keriput dibandingkan orang yang tidak merokok. Rona kulit Anda akan berubah seiring dengan masa Anda merokok. Jika Anda terpapar pada asap rokok secara rutin, kulit Anda juga dapat terpengaruh.

Jawaban untuk menjaga kulit Anda sehat adalah dengan berhenti merokok.

Kini Anda tahu bahwa merokok dapat mempengaruhi hampir setiap aspek kesehatan dan kini Anda tahu bahwa merokok juga dapat merusak kesehatan kulit. Cobalah untuk meyakinkan orang yang Anda cintai untuk berhenti merokok.

Ingat, berhenti merokok adalah pilihan terbaik untuk kesehatan Anda dan sama pentingnya untuk kulit Anda.