Infeksi Pada Payudara Ibu Menyusui

Infeksi payudara atau biasa di sebut mastitis biasa terjadi pada wanita yang sedang menyusui bayi atau yang baru saja berhenti menyusui. Penyebabnya karena masuknya bakteri ke dalam payudara. Bisa salah satu payudara atau keduanya.

Pada infeksi yang parah, bisa terjadi abses (bernanah). Untuk itu, jaringan di sekitarnya akan mengeluarkan substansi yang membentuk dinding di sekeliling infeksi sehingga nanah akan mengumpul di dalamnya.

Infeksi Pada Payudara Ibu Menyusui

Penyakit ini biasanya menyerang ibu-ibu yang sedang menyusui. Penyebabnya adalah bakteri yang masuk ke dalam susu melalui luka pada puting susu. Mulut bayi yang mungkin kotor dan membawa bakteri tersebut masuk dalam kulit payudara dan menyebabkan infeksi. Infeksi ini jika tidak dikeluarkan akan menimbulkan nanah dalam payudara.

Gejala.

Jika sudah terinfeksi biasanya akan membuat nyeri pada payudara, benjolan pada payudara, pembengkakan, dan keluar nanah dari puting susu.

Pengobatan.

Infeksi ini bisa disembuhkan dengan mengompres payudara selama 15-20 menit, 4 kali sehari dengan air hangat. Selain itu dengan mengonsumsi antibiotok untuk mencegah pembengkakan semakin besar. Apabila keluar nanah, tidak diperkenankan untuk menyusui si bayi.

Untuk mencegah hal itu tidak terjadi, disarankan untuk menyusui dengan teknik yang benar, menyusui secara bergantian, dan menjaga kebersihan puting susu.