Cream Pemutih Wajah Yashodara

Gingivitis Penyakit Radang Gusi

Gingivitis secara terminologi terdiri dari ‘gingiva’ yang berarti gusi dan ‘itis’ yang berarti radang, sehingga definisi gingivitis adalah radang pada gusi akibat dari infeksi bakteri.

Peradangan gusi atau kerap disebut gingivitis adalah penyakit jaringan penyangga gigi yang paling ringan. Radang gusi seringkali disebabkan oleh kurangnya kebersihan mulut yang mana akan memicu pembentukan plak.

Gingivitis Penyakit Radang Gusi

Radang gusi biasanya terjadi karena penumpukan plak / jigong di sekitar gusi. Di dalam plak gigi berkumpul bakteri-bakteri yang menghasilkan toxin atau racun yang akan mengiritasi gusi dan menyebabkan infeksi. Saat tubuh mengeluarkan respon imun untuk melawan infeksi maka gusi akan mengalami peradangan. Semakin lama, plak dapat menyebar dan berkembang sampai di bawah garis gusi. Gusi akan dilepaskan dari gigi dan membentuk pocket / kantong gusi, semakin lama semakin dalam sehingga merusak jaringan gusi, jaringan penyangga dan tulang alveolar.

Pada awalnya, bakteri yang mendominasi adalah organisme streptokokus gram positif. Setelah periode 3 minggu, jenis (spesies) batang gram positif khususnya Actinomyces, organisme gram negatif seperti Fusobacterium, Veillonella dan organisme-organisme spirochaetal termasuk Treponema berkoloni menempati kantong gusi.

Gingivitis merupakan salah satu penyakit periodontal. Penyakit periodontal melibatkan peradangan dan infeksi yang menghancurkan jaringan yang mendukung gigi, termasuk gusi, ligamen periodontal, dan kantong gigi (tulang alveolar). Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk. Menyikat gigi dan penggunaan dental floss (benang gigi) setiap hari dapat membantu mencegah radang gusi.

Gingivitis Penyakit Radang Gusi

Penyebab.

Penyebab paling umum dari gingivitis adalah kebersihan mulut yang buruk yang mendorong terbentuknya plak. Plak adalah sebuah lapisan biofilm yang tidak terlihat, lengket yang terutama terdiri dari bakteri. Menyikat gigi dengan cara yang benar dan rutin serta setiap hari dapat menghilangkan plak.

Plak harus dihilangkan setiap hari dengan menyikat gigi karena akan kembali terbentuk dengan cepat, biasanya dalam waktu 24 jam. Plak yang menumpuk akan menyebabkan terbentuknya karang gigi (kalkulus).

Plak yang menumpuk pada gigi akan terkalsifikasi sehingga membentuk lapisan keras yang menyerupai kapur, lapisan keras inilah yang disebut sebagai karang gigi. Toksin yang merupakan hasil metabolisme dari bakteri akan menyebabkan gusi terinfeksi, bengkak, dan lunak.

Gejala :

1. Gusi kemerahan.
2. Gusi bengkak.
3. Konsistensi gusi menjadi lebih lunak.
4. Bentuk gusi agak membulat (unstippling).
5. Gusi mudah berdarah.

Pengobatan.

Pengobatan utama pada gingivitis adalah dengan menghilangkan penyebabnya, yaitu dengan membersihkan karang gigi (scaling). Membersihkan karang gigi dapat dilakukan di praktik dokter gigi. Satu minggu pasca pembersihan karang gigi, dicek apakah kondisi sudah membaik atau belum. Jika kondisi gusi masih radang atau belum membaik berkonsultasilah dengan dokter gigi.






  • Nirmala Khazfachnia

    dok,,, gimana caranya menghilangkan flak yg sudh berkerak dan susah di bersihkan dengan skat gigi seperti di gambar tersebut ?
    terimakasih :)

  • Sugiyarti

    Dokter.maaf sy mo tanya.dulu sy gigi paling belakang copot trs lama2 gusinya bengkak trs lama2 kok bengkaknya diluar.dibwh rahang gigi dibawah telinga ada bengkang lama2 kemerahan dn pecah keluar nanah sprti bisul.dan stiap sy makan minum memicu keluarnya nanah.dan di area yg bengkak itu terasa gatal.sy sudah periska ke dokter katanya itu kelenjar yang dipicu dr radang gusi.mohon solusi dan petunjuknya dr dokter.makasih