Cream Pemutih Wajah Yashodara

Diagnosis Demam Typhoid

Demam typhoid merupakan infeksi akut usus halus yang di sebabkanoleh Salmonella typhi, atau jenis yang virulensinya lebih rendah yaitu Salmonella paratyphi. Salmonella adalah kuman gram negatif yang berflagela, tidak membentuk spora, dan merupakan anaerob fakultatif yang memfermentasikan glukosa dan mereduksi nitrat menjadi nitrit. Salmonella typhi memiliki antigen H yang terletak pada flagela, O yang terletak pada badan, dan K yang terletak pada envelope, serta komponen dotoksin yang membentuk bagian luar dari dinding sel.

Diagnosis demam typhoid tidak selalu didapatkan setelah semua kriteria diagnosis terpenuhi, mengingat panjangnya perjalanan penyakit tersebut. Gejala klinis yang khas dapat menjadi dasar untuk pemberian terapi empirik sebelum pemeriksaan penunjang lainnya dilakukan guna mencegah perburukan atau komplikasi lebih lanjut dari penyakit tersebut. Tidak jarang pula diagnosa demam typhoid ditegakkan secara eksjuvantibus.

Diagnosis Demam Typhoid

Demam Thypoid adalah penyakit akut, yakni infeksi sistemik yang menyerang saluran pencernaan. Sebelum abad 19 penyakit ini dianggap sama dengan Thipus. Demam thipus merupakan salah satu bagian dari thypoid. Salmonella thypi dan paratyphi hanya menyerang manusia. Organisme ini menyerang manusia melalu makanan atau air yang terkontaminasi kotoran manusia yang terinfeksi. Penularan langsung dari manusia ke manusia jarang terjadi. Typhoid adalah masalah kesehatan global.

Gejala.

Penderita biasanya mengalami demam lebih dari seminggu. Selain itu, penderita merasa tidak enak badan, kepala pusing, nafsu makan berkurang.

Pengobatan.

Penderita biasanya diberi antibiotik.