Cream Pemutih Wajah Yashodara

Ciri-Ciri Gejala Dan Tanda Diabetes Kering

Anda suka makanan yang manis? sebaiknya Anda waspada sejak dini, karena penyakit diabetes bisa mengintai Anda kapan saja. Diabetes atau yang sering disebut sebagai kencing manis merupakan salah satu penyakit berbahaya yang umumnya diderita oleh seseorang yang mengalami obesitas atau orang yang sudah berusia lanjut.

Semua orang tentu mengenal penyakit diabetes. Penyakit yang terjadi karena kelebihan kadar gula darah ini bisa menimpa siapa saja. Tak cuma orang lanjut usia saja, anak-anak, dan orang-orang berusia produktif pun bisa saja terkena penyakit akibat hormon insulin ini.

Kegemukan Lebih cenderung Terkena Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes bisa dibedakan menjadi 3 jenis, yaitu diabetes golongan 1, diabetes golongan 2, dan diabetes gestasional. Diabêtes golongan 1 adalah diabetes yang terjadi akibat tidak ada atau rusaknya hormon insulin tubuh. Diabetes golongan 2 adalah diabetes yang terjadi akibat kebalnya atau sudah tidak mampunyai hormon insulin dalam mengatasi gula tubuh. Sedangkan diabetes gestasional adalah diabetes yang terjadi hanya pada wanita hamil.

Dalam diabetes ada istilah diabetes kering dan diabetes basah. Dalam uraian kali ini akan dibahas gejala dan tanda diabetes kering. Apa saja gejala dan tanda diabetes kering itu? Untuk mengenalinya lebih jauh, simak uraian berikut ini.

Diabetes kering adalah sebuah tahapan awal dari diabetes golongan 2. Ya, penderita diabetes yang satu ini, insulin di dalam tubuhnya sudah kebal (resisten) terhadap gula (glukosa) darah. Dengan kata lain, insulin di dalam tubuhnya sudah rusak. Akibatnya, gula (glukosa) yang masuk ke dalam tubuhnya tak mampu lagi dikonversikan menjadi gula otot (glikogen). Dengan begitu, kadar glukosa darahnya akan naik drastis dari keadaan normal. Sebagai informasi, kadar glukosa darah normal itu adalah 150 mg/dL dan penyakit diabetes itu kadar glukosa darahnya di atas angka tersebut.

Gejala dan Tanda Diabetes Kering.

Berikut beberapa gejala dan tanda yang perlu diwaspadai dari diabetes kering :

  • Peningkatan rasa lapar. Hal ini terjadi akibat glukosa darah yang terus dibuang tanpa disalurkan ke sel-sel tubuh.
  • Peningkatan rasa haus dan seringnya buang air kecil. Hal ini terjadi akibat pembuangan glukosa dan air ke dalam urin secara terus menerus tanpa melalui proses penyaringan yang normal (dehidrasi).
  • Mulut kering akibat dehidrasi.
  • Napas berbau buah. Hal ini terjadi akibat pembentukan keton (zat yang baunya menyerupai buah-buahan) sebagai hasil proses pembakaran lemak dengan aseton sebagai sumber energi.
  • Penglihatan yang kabur. Hal ini terjadi akibat kadar gula darah yang tinggi yang membuat perubahan lensa mata.
  • Pegal otot akibat dehidrasi.
  • Sensitif. Hal ini karena fluktuasi gula darah yang membuat mood berubah-ubah.
  • Sakit kepala akibat gula darah, penglihatan yang kabur, dan tekanan darah tinggi.
  • Gatal yang juga akibat kadar gula darah yang tinggi.
  • Berat badan yang turun drastis akibat dehidrasi dan pembakaran lemak terus menerus.

Setelah mengenal gejala dan tanda-tanda diabetes kering,  maka apabila merasakan gejala dan tanda timbulnya diabetes, segera periksakan kadar gula darah, agar terhindar dari resiko yang lebih parah.






  • http://pin29734078 heni

    Saya sering haus berlebihan tiap malam hari dan buang air kecil terus2an,tiap malam kali terasa panas DAN GATAL LALU KINI TIMBUL KAYAK BIJI AIR DAN LUKA SELURUH TELAPAK KAKI SAYA TERUS MENJALAR APAKAH TANDA DIABETES???? MOHON PENJELASAN.