Cara Merawat dan Memuluskan Kulit Kaki

Cara Merawat dan Memuluskan Kulit KakiKaki adalah bagian tubuh yang mendapatkan tekanan paling besar saat tubuh beraktivitas.

Maka itu, tidak salah rasanya bila kita memberikan perhatian lebih pada bagian tubuh yang seringkali terabaikan, tapi ternyata memiliki fungsi penting sebagai penunjang tubuh kala beraktivitas.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan kaki. Tidak hanya ditekankan pada kesehatan saja namun perlu juga memperhatikan kecantikan dan kemulusan kulit kaki.

Untuk kesehatan, bisa dengan rutin berolah raga. Ketika memulai olahraga, awali dengan gerakan perlahan dan seimbang. Mulai dengan gerakan low impact dengan gerakan kaki yang sedikit. Pilih olahraga berenang atau bersepeda.

Regangkan kaki, pergelangan kaki dan jari kaki sebelum dan sesudah beraktivitas berat seperti olahraga. Ini merupakan cara terbaik menghindari cedera kaki.

Karena kaki adalah bagian tubuh yang paling sering digunakan, penting untuk menjaga otot, ligamen, dan tendon pergelangan kaki. Jangan remehkan cedera ringan karena dapat berakibat lebih parah di kemudian hari.

Udara lembap di dalam sepatu merupakan kondisi yang sangat cocok bagi berkembangnya jamur. Jamur bisa menyebabkan infeksi pada kaki. Maka itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan kaki.

Kaki bersih menyebabkan terciptanya kaki yang cantik.  Relaksasikan kaki dengan rutin berkunjung ke spa guna menyeimbangkan dengan tekanan yang didapatkan.

Tetapi jika Anda tidak memiliki waktu yang luang untuk pergi ke spa karena kesibukan di kantor, cara termudah untuk perawatan kaki adalah bisa dilakukan di rumah saja seperti merendam kaki di dalam air hangat tiga kali seminggu mampu menyegarkan dan melembutkan kulit kaki.

Nah, betul kan kecantikan berawal dari kesehatan? Jika Anda mempunyai waktu luang untuk menghilangkan penat atau stress sehabis seharian bekerja,  ada satu tempat yang bisa jadi pilihan Anda selain membantu menghilangkan stress juga dapat menikmati suasana tenang.

Sebagai seorang gadis, kemana lagi tujuan Anda selain ke salon dan spa? Di sini, Anda bisa mendapatkan treatment khusus yang dapat merangsang dan memberikan relaksasi maksimal bagi tubuh Anda, terutama kaki.

Ada beraneka macam produk yang akan ditawarkan, tergantung bagaimana kita memilih, besarnya dana yang kita miliki atau seberapa banyak waktu luang yang ada?  Contoh yang paling sederhana disini adalah spa kaki atau rendaman kaki untuk relaksasi penghilang lelah.

Rendaman kaki merupakan perawatan yang banyak dilakukan oleh puteri-puteri keraton di Indonesia sejak zaman dahulu, terbuat dari berbagai jenis rempah-rempah dan daun yang dikeringkan.

Selain untuk menghilangkan pegal-pegal dan membuat kulit kaki tampak lebih segar, aroma dari rendaman kaki ini juga mempunyai relaksasi sehingga cocok sekali dipakai pada malam hari setelah menjalani rutinitas harian yang melelahkan.

Anda bisa mencoba melakukan perawatan kaki yang lain tetapi jika tanpa harus mengeluarkan biaya mahal, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di rumah.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan perawatan spa kaki di rumah sendiri:

Hapus Cat Kuku
Langkah pertama yang harus dilakukan adalah hapus cat kuku Anda. Gunakanlah pembersih cat kuku yang bebas aseton agar kilau dari kuku tetap terjaga dan kuku tidak mudah patah. Memakai penghilang cat kuku yang mengandung aseton dapat membuat kuku terlihat kusam dan kasar.

Gunting Kuku
Selain kaki adalah bagian tubuh yang paling sering terkena kotoran sehingga menimbulkan infeksi, kuku kaki yang panjang juga rentan patah. Jika Anda ingin menjaga keindahan dan kesehatan jemari kaki, pastikan kuku kaki dipotong pendek.

Rendam Kaki
Rendamlah kaki Anda ke dalam air hangat, tambahan sedikit garam agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan dengan mudah. Diamkan kaki di dalam air hangat selama 8 – 10 menit.

Gosok/Sikat Kaki
Anda bisa membersihkan kulit mati pada kaki dengan sikat berbulu halus atau batu apung. Gosokkan batu apung atau sikat berbulu halus ke kaki secara perlahan dari pergelangan kaki sampai punggung dan telapak kaki. Jangan lewatkan juga menggosok sela-sela jari kaki.

Setelah membersihkan kaki Anda dari kulit mati yang menempal, rendamlah kembali kaki ke dalam air hangat. Tambahkan sedikit baking soda ke dalam air hangat dilanjutkan dengan melakukan pijatan pada kaki selam 4 – 5 menit.

Bersihkan dengan Lemon
Agar terlihat lebih putih dan berkilau Anda bisa menggosokkan potongan lemon ke kaki dan kuku kaki berulang kali. Setelah melakukan semua tahap perawatan kaki, cuci bersih kaki Anda. Cukup cuci menggunakan air bersih, jangan memakai sabun karena bisa membuat kulit kaki kering.

Lembabkan Kulit Kaki
Untuk melembabkan kulit kaki Anda bisa mengoleskan minyak zaitun, minyak almond atau body lotion secara merata di permukaan kulit kaki. Biarkan selama beberapa saat sebelum berjalan atau memakai sepatu.

Menarik sekali, bukan? Jangan pikir dua kali untuk memanjakan diri Anda sendiri, termasuk kaki Anda!