Cream Pemutih Wajah Yashodara

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Sariawan

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit SariawanSariawan (stomatitis) dapat menyebabkan munculnya rasa gatal – gatal dan sakit pada lidah juga wilayah mulut dan gusi.

Luka tergigit, konsumsi makanan yang terlalu panas atau minuman panas, alergi, kurang mengonsumsi vitamin C, tidak menjaga kebersihan mulut, kekurangan zat besi, kondisi tubuh yang memang tidak fit dan lain sebagainya bisa menjadi penyebab sariawan.

Tidak hanya karena kekurangan vitamin C, tetapi stomatitis aftosa juga bisa disebabkan oleh alergi terhadap Citrus atau makanan yang mengandung asam, obat-obat tertentu dan trauma fisik.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa sariawan yang terjadi terlalu lama hingga sampai satu bulan atau lebih ternyata merupakan pertanda penyakit kanker rongga mulut.

Penyakit akibat kekurangan vitamin C ini juga ditandai dengan gusi yang sangat gampang berdarah dan pendarahan kulit.

Cara menghindari sariawan atau penyakit mulut dan lidah lainnya adalah sebagai berikut:

  • Menjaga kebersihan mulut karena sariawan disebabkan oleh mulut yang tidak bersih sehingga bersarang kuman dan bakteri.
  • Penyakit sariawan pun adalah penyakit sistemik, oleh karena itu menjaga kebersihan mulut adalah caranya untuk meminimalisir penyakit tersebut.
  • Jika Anda bisa mengidap sariawan karena alergi terhadap suatu makanan tertentu maka sebaiknya hindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman penyebab alergi tersebut.
  • Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan lain serta makanan yang mengandung asam folat, zat besi dan vitamin B12 untuk menghindari penyakit sariawan.
  • Pada faktanya stres dapat menjadi penyebab sariawan, oleh karena itu sebaiknya hindari stres berlebihan.
  • Hindari trauma pada rongga mulut dengan menyikat gigi dengan cara yang benar bukan keras agar tidak timbul trauma. Selain itu, jika bisa hindari agar mulut tidak tergigit.

Cara lain untuk mengobati sariawan secara alami adalah dengan menggunakan daun sirih. Hal ini disebabkan oleh daun sirih yang memiliki kandungan antioksidan yang dapat membunuh kuman.

Rebus terlebih dahulu daun sirih tersebut yang diberi sedikit garam, kemudian Anda bisa berkumur dengan air rebusan tersebut. Anda juga bisa mengunyah langsung daun sirih tersebut.

Daun sirih namun tanpa tembakau bisa bermanfaat untuk mengatasi bukan hanya sariawan tetapi juga gusi berdarah dan bahkan masalah bau mulut. Selain dengan cara tersebut, Anda juga bisa mengoleskan madu untuk melemaskan kulit kering akibat sariawan pada mulut.

*****

Penyakit sariawan adalah salah satu penyakit yang sering terjadi. Namun, asal ditangani dengan obat-obatan alami saja, penyakit ini bisa disembuhkan.

Selain itu, dengan melakukan pencegahan maka paling tidak Anda tidak akan terlalu sering mengalami sariawan. Pencegahan-pencegahan yang telah disebutkan pun sebenarnya tidaklah terlalu sulit dan merupakan bagian yang sering kita lakukan sehari-hari.