Cream Pemutih Wajah Yashodara

Bahaya Penyakit Batuk Yang Berkepanjangan

Setiap manusia pernah mengalami batuk. Batuk memang sejatinya merupakan proses alamiah yang di alami oleh setiap orang. Namun sebagian orang menyepelekan batuk itu, padahal terdapat bahaya penyakit batuk bila dialami secara berkepanjangan. Pada umumnya, orang menganggap penyakit batuk sebagai hal yang biasa terjadi dan menganggap enteng penyakit tersebut. Batuk sebenarnya merupakan reaksi tubuh saat beda asing terdapat pada tenggorokan. Ada berbagai penyebab penyakit batuk. Di antaranya adalah alergi, asma, masuk angin, TB, dan lain-lain. Jenis-jenis batuk juga beragam.

Ada jenis batuk yang di kelompokkan berdasarkan di produksi atau tidaknya dahak. Batuk yang di sertai dahak disebut batuk produktif, sedangkan yang tidak disertai dahak dikenal dengan sebutan batuk tidak produktif. Biasanya, batuk dialami selama kurang lebih dua minggu. Bila batuk bertahan lebih dari dua minggu, maka perlu untuk di waspadai.

Bahaya Penyakit Batuk Yang Berkepanjangan

Berikut beberapa bahaya yang mungkin timbul jika mengalami batuk yang berkepanjangan :

  • Luka Pada Tenggorokan.

Salah satu Bahaya yang ditimbulkan oleh Batuk berkepanjangan adalah terlukanya dinding tenggorokan. Hal ini disebabkan karena seringnya frekuensi batuk sehingga tenggorokan menjadi tergesek dan luka. Hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktivitas. Bahaya Penyakit Batuk yang satu ini dapat dikatakan sebagai yang paling ringan. Hal ini dikarenakan Bahaya Penyakit Batuk lainnya lebih dari sekedar luka.

  • Penularan.

Bahaya penyakit Batuk berkepanjangan adalah resiko penularan. Batuk biasa saja sudah sangat beresiko menulari orang lain yang ada di sekitar penderita. Jenis batuk yang lebih parah biasanya lebih mudah menyebar, contohnya TB (Tubercolosis). Penyebab TB sangat mudah dan biasanya cepat. Untuk itu, penyakit batuk yng tidak kunjung sembuh harus diwaspadai. Batuk yang tidak juga sembuh padahal sudah lebih dari 2 minggu perlu dihindari dengan cara memakai masker dan tidak terlalu banyak membuka mulutnya. Sedangkan untuk yang berada di sekitar penderita, hendaknya sadar akan resiko yang mungkin terjadi. Dan melakukan pencegahan, contohnya adalah dengan memakai masker dan tidak terlalu berdekatan dengan penderita. Selain itu juga dengan tidak memakai alat makan dan minum yang sama dengan yang digunakan penderita untuk mengurangi resiko penularan.

  • Gejala Penyakit yang Lebih Serius.

Jika batuk tidak kunjung sembuh, bisa jadi penderitanya mengidap penyakit lain yang lebih serius, misalnya kanker paru-paru. Untuk itu, sangatlah penting untuk memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatannya dan juga keluarganya. Mulailah gaya hidup yang lebih sehat, berhenti merokok, misalnya.

Itu tadi beberapa Bahaya Penyakit Batuk yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.