Cream Pemutih Wajah Yashodara

7 Hal Penyebab Utama Bau Badan Tak Sedap

Tubuh memiliki dua jenis kelenjar keringat, yaitu kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin terbuka ke permukaan kulit, sementara kelenjar apokrin ditemukan di daerah di mana rambut tumbuh, termasuk kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Keringat dari kelenjar ekrin sebagian besar adalah air dan garam, tetapi kelenjar apokrin mengeluarkan keringat yang mengandung lemak, protein dan karbohidrat. Bau badan muncul ketika bakteri di permukaan kulit mengurai keringat dari kelenjar apokrin menjadi asam yang mudah menguap dan melepaskan bau tidak sedap.

Bau badan tak sedap kerap menjadi gangguan bagi aktifitas baik dalam pekerjaan, pergaulan, pertemuan. Karena dampak yang ditimbulkan juga tak sedap, banyak orang yang mengalami hal tersebut. Menghindari terik matahari agar tidak keringatan. Tapi keringat bukan salah satu faktor utama terjadinya bau badan tak sedap, makanan yang kita santap bisa menyebabkan bau badan tak sedap.

7 Hal Penyebab Utama Bau Badan Tak Sedap

Berikut makanan yang menyebabkan bau badan tak sedap :

1.   Makanan Rempah Pedas.

Konsumsi makanan pedas secara berlebihan dapat merangsang produksi sulfur, yang kemudian diekskresikan melalui keringat di pori-pori kulit dan napas. Perhatikan keseimbangan bahan baku makanan Anda. Jangan terlalu banyak bawang atau rempah pedas lain yang biasanya jadi andalan dalam santapan kari.

2.   Daging Merah.

Konsumsi daging merah membuat organ pencernaan bekerja maksimal untuk memprosesnya. Konsumsi berlebihan akan merangsang produksi keringat berlebih yang cenderung meruapkan aroma tak sedap. Kontrol asupan daging merah, imbangi dengan sajian ikan dan sayur.

3.   Alkohol.

Tak cuma alkohol, tapi juga minuman coklat, soda, teh, dan kopi. Jenis-jenis minuman ini berpotensi kuat memicu aroma tubuh yang tak sedap.

Penyebab Utama Bau Badan Tak Sedap

4.   Junk Food.

Junk foods termasuk jenis makanan yang membutuhkan proses pencernaan lama. Menyebabkan akumulasi sel-sel lemak dalam tubuh yang merangsang produksi keringat berlebih. Tak hanya merangsang cucuran keringat tak sedap, tapi juga aroma napas yang tidak diinginkan.

5.   Rendah Karbohidrat.

Asupan karbohidrat yang rendah memicu penimbunan protein dalam tubuh dan dapat menyebabkan produksi keringat berlebihan. Kondisi ini menyebabkan pelepasan bahan kimia keton dalam aliran darah yang menyebabkan bau tak sedap.

6.   Produk Susu.

Dengan sifat kaya protein, konsumsi produk susu secara berlebihan membuat proses pencernaan di lambung melambat. Kondisi ini memicu pelepasan hidrogen sulfida dan metil merkaptan dalam tubuh yang dapat dengan mudah memicu aroma tak sedap.

7.   Tembakau.

Sudah bukan rahasia lagi. Ketika asap rokok berbaur dengan kelenjar keringat dalam tubuh, itu akan menyebabkan pelepasan bau khas yang membandel. Aroma tak sedap yang begitu mudah menempel di baju, rambut, bahkan kulit.