5 Gejala Penyakit Sinusitis

Penyakit Sinusitis adalah peradangan yang terjadi pada rongga sinus. Penyakit Sinusitis banyak di temukan pada penderita hay fever yang mana pada penderita ini terjadi pilek menahun akibat dari rongga sinusdan sari bunga.

Sinusitis dapat pula di sebabkan oleh bahan bahan iritan seperti bahan kimia yang terdapat pada semprotan hidung serta bahan bahan kimia lainnya yang masuk melalui hidung. Jangan di lupakan kalau sinusitis juga bisa di sebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Kenali Sejak Dini Gejala Penyakit Sinusitis

Terdapat 5 gejala sinusitis sebagai berikut :

1.   Sakit kepala.

Sakit pada kepala merupakan gejala paling sering dijumpai. Kadang diikuti nyeri pada wajah.  Rasa sakit pada kepala dan nyeri pada wajah disebabkan oleh tekanan akibat peradangan yang terjadi pada ujung saraf dalam dinding sinus. Peradangan di sinus depan menyebabkan nyeri dahi dan sakit kepala. Radang di daerah maksila atau sekitar rahang timbulkan nyeri pipi dan rahang atas. Sinusitis pada rongga sinus etmoidalis akibatkan nyeri antar mata. Sinusitis sfenidalis menyebabkan nyeri di kepala atas,  tengkuk dan bola mata belakang.

2.   Demam.

Sebagian pengidap sinusitis mengalami demam. Jumlah penderita demam ada sekitar seperempat dari total penderita. Reaksi demam disebabkan oleh terjadinya radang. Adapun radang terjadi oleh adanya respon imun penderita melawan infeksi.

3.   Wajah pucat.

Sumbatan yang terjadi pada rongga sinus selain mengakibatkan aliran udara tidak lancar juga mempengaruhi jalan darah pada pembuluh di area wajah. Akibatnya penampilan wajah menjadi pucat dan tidak segar.

4.   Hidung tersumbat

Hidung tersumbat disertai perubahan warna pada ingus. Dari 5 gejala sinusitis, Hidung tersumbat dengan perubahan warna pada ingus menjadi kuning atau hijau merupakan yang paling khas. Sumbatan ingus sering menyebabkan penderita merasa kesulitan bernafas dan memperparah pening kepala. Pada umumnya pasien sinusitis merasa kepalanya berat terutama pada saat menunduk. Hal tersebut dikarenakan sumbatan menghambat aliran oksigen. Sumbatan pada hidung ini dikarenakan terjadi pembengkakan selaput hidung disertai peningkatan produksi ingus.

5.   Rasa sakit saat menelan dan batuk.

Ketika seorang pasien mengeluhkan rasa sakit menelan disertai batuk dan gejala-gejala lain yang telah disebutkan di atas, sudah mampu mengarahkan dugaan bahwa penderita mengalami sinusitis. Respon batuk disebabkan adanya aliran lendir di tenggorokan bagian belakang.

Jika anda atau orang yang anda kenal mengalami 5 gejala sinusitis, jangan abaikan dan segeralah periksa ke dokter atau layanan medis lain