Ini dia Cara Mudah dan Alami Atasi Mimisan

Mimisan seringkali terjadi pada anak-anak ataupun orang dewasa akibat dari beberapa faktor. Penyebab mimisan memang bermacam-macam misalnya seperti terlalu kencang saat membuang ingus, terlalu keras saat mengorek hidung, efek dari udara terlalu dingin dan kering, sinusitis akut, pemakaian obat-obatan terlarang, hemofilia, serta terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Saat mimisan terjadi, sebaiknya Anda melakukan beberapa langkah untuk menghentikan pendarahannya agar tidak makin parah.

Beberapa langkah yang harus diambil untuk mengatasi mimisan yaitu, pertama duduk dengan posisi tegak dan berusaha jangan sampai badan dalam posisi berbaring. Kedua, mencondongkan tubuh ke arah depan dengan tujuan agar darah dapat keluar melewati hidung dan mencegahnya untuk tidak masuk hingga tenggorokan. Ketiga, mengeluarkan darah yang mengalir ke mulut lalu pencetlah hidung dengan ibu jari dan jari telunjuk selama 10 menit. Nah, kemudian Anda bisa mengompres pangkal hidung dengan air dingin sehingga dapat memperlambat pendarahan.

Cara Alami untuk Mengobati Mimisan

  1. Kangkung

Apabila Anda sering mengalami mimisan dan hampir terjadi setiap hari makasebaiknya Anda rajin-rajinlah untuk mengonsumsi kangkung segar. Kangkung ini dapat dihaluskan menggunakan blender dan diberi air secukupnya. Setelah itu Anda bisa mengonsumsinya secara langsung. Bila ingin hasil yang maksimal maka konsumsilah setiap hari dengan teratur.

  1. Akar Alang-alang

Akar alang-alang ternyata dapat dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk yang sering mimisan. Tumbuhan tersebut biasanya tumbuh liar di pekarangan ataupun di kebun. Nah, Anda bisa mengambilnya dengan mudah dan membersihkannya sehingga hanya tersisa akarnya saja. Setelah Anda berhasil mendapatkan akarnya saja maka Anda bisa merebusnya dengan air. Lalu tunggu hingga mendidih dan airnya menyusust hingga separuh dari semula. Nah, Anda bisa mengonsumsinya pada saat masih hangat.

  1. Akar Teratai

Akar teratai juga bisa menyembuhkan imisan secara alami. Biasanya akar teratai terdapat di kolam ikan sehingga Anda tidak perlu bingung-bingung mencarinya. Cara pengobatan tradisional dengan teratai untuk menyembuhkan mimisan sangatlah mudah. Ambillah akar teratai secukupnya lalu potonglah kecil-kecil sehingga lebih mudah untuk ditumbuk. Setelah akar teratai ditumbuk maka Anda bisa mengambil air teratai tersebut untuk digunakan sebagai obat tetes hidung. Selain dijadikan sebagai obat tetes ternyata Anda juga dibolehkan untuk meminumnya secara langsung.

Demikian cara mengatasi mimisan dengan cara-cara tradisional dan bahan-bahan yang ada di alam. Cara pengobatan tradisional memang masih disukai oleh masyarakat Indonesia pada umumnya karena tidak mengakibatkan efek samping ataupu bahaya apapu. Saat anda mengalami mimisan maka sebaiknya lakukan cara-cara yang tepat seperti pada ulasan diatas sehingga tidak akan menjadi lebih parah. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat untuk Anda.

Rujukan Lainnya:

pengen mimisan gimana caranya, cara agar mimisan, obat untuk mengeringkan ingus, bagaimana mimisan yang disengaja?, cara agar mimisan disengaja, zensoderm untuk bisul

[Dwi Utami - DokterGaul.com]