Begini Ciri Orang dengan Bipolar yang Harus Kamu Tahu

DOKTERGAUL.COM – Mengidentifikasi adalah kelainan mental memang cukup sulit, khususnya untuk kasus Bipolar Disorder yang berkaitan erat dengan perubahan mood. Mengetahui adanya ciri-ciri Bipolar Disorder tidak mudah karena seringkali tertukar dengan perubahan suasana hati biasa yang disebabkan adanya masalah di tempat kerja atau kelelahan.

Namun, Bipolar Disorder tidaklah sesederhana itu, berikut ini adalah ciri-ciri Bipolar Disorder yang perlu anda ketahui:

Mood yang Sangat Baik

Bipolar Disorder terdiri dari naik turunnya emosi yang disebut dengan episode mania dan depresi. Selama episode mania berlangsung, seseorang dapat merasa sangat bersemangat bahkan terlepas dari realita. Meskipun pada kasus hypomania yang juga salah satu ciri Bipolar, meskipun memiliki energi yang sangat tinggi, ia tetap berpegang kepada realita. Episode mania ini merupakan episode yang cukup menyenangkan karena orang dengan Bipolar akan merasa sangat berenergi dan kreatif.

Tidak Mampu Menyelesaikan Tugas

Saat berada dalam fase manic, seseorang dapat menjadi begitu produktif dan bersemangat. Berbagai macam ide membanjiri pikirannya hingga dapat memulai berbagai macam projek dalam satu waktu, namun tidak mampu menyelesaikannya.

Depresi

Depresi pada orang dengan Bipolar menunjukkan ciri-ciri yang sama dengan depresi umum pada banyak orang. Namun, antidepresan biasa tidak dapat diberikan kepada orang dengan Bipolar karena justru dapat membuatnya berpindah ke fase manic.

Mudah Marah

Ada kalanya, seseorang dengan Bipolar mengalmi kondisi “mixed mania” dimana fase manic dan depresi berlangsung bersamaan. Hal ini menyebabkan orang dengan Bipolar menjadi mudah marah.

Setiap orang pernah mengalami hari buruk yang membuatnya menjadi mudah marah, sehingga cukup sulit membedakannya dengan kondisi mudah marah yang dialami orang dengan Bipolar. Namun pada kasus Bipolar, kondisi ini sangat parah hingga dapat mempengaruhi hubungannya dengan orang lain. Dan kadang kala, mereka tidak tahu mengapa mereka merasa marah.

Bicara dengan Cepat

Orang dengan Bipolar kadangkala berbicara dengan cepat dan satu arah. Selain itu, kadangkala mereka juga dapat dengan cepat merubah topik pembicaraan.

Masalah di Kantor

Orang dengan Bipolar biasanya mengalami kesulitan bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan perubahan episode mereka bercampur dengan berbagai macam permasalahan di kantor yang membuat mereka merasa semakin sulit.

Kebiasaan yang Tidak Menentu

Fase manic pada orang dengan Bipolar dapat membuatnya merasa sangat percaya diri, hingga seringkali tidak terlalu peduli dengan akibat yang ada setelahnya karena segala hal terasa baik-baik saja bagi mereka.

Masalah Tidur

Seringkali, orang dengan Bipolar juga mengalami masalah tidur. Pada saat fase manic, mereka bisa tidur beberapa jam saja dan tidak merasa lelah ketika bangun. Sedangkan pada fase depresi, meskipun mereka sudah cukup tidur, bahkan banyak tidur, mereka tetap saja merasa lelah sepanjang waktu.

Banjir Ide

Meskipun tidak terlalu terlihat, orang dengan Bipolar biasanya mengalami banjir ide yang tak dapat dikontrol. Kondisi ini biasa terjadi pada saat berada di fase manic. Kondisi ini biasanya diiringi dengan kecepatan bicara yang juga meningkat.

Rujukan Lainnya:

ciri ciri tawas, ciri wanita keguguran setelah minum jamu, ciri garnier palsu, macam-macam sfingter, ciri2 bakal keguguran setelah minum jamu, macam macam nervous, macam macam letak portio, ciri penyakit selokarang, urat perasa, hipermetropi laporan kasus

[Qothrunnada Sungkar - DokterGaul.com]