Inilah Cara Meredakan Pilek dengan Mudah

Pilek merupakan penyakit yang tergolong umum dan sering menyerang siapa saja termasuk anak-anak maupun balita. Meskipun terbilang ringan, akan tetapi pilek sangat mengganggu pernapasan dan mengakibatkan sakit kepala. Beberapa gejala pilek yang antara lain seperti demam, bersin, dan juga batuk. Hal tersebut tentu akan membuat anak-anak rewel, sedangkan bagi orang dewasa tentu akan terganggu dan mengalami kendala saat beraktifitas sehari-hari. Berikut ini ada beberapa cara untuk meringankan pilek dan gejalanya agar Anda menjadi sedikit lebih nyaman.

Cara meredakan pilek

  1. Berkumur dengan air bersih

Berkumur adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk meredakan pilek karena dapat mengurangi lendir. Cobalah berkumur minimal empat kali dalam satu hari dengan memakai air mineral atau air putih yang bersih. Air tersebut akan membantu melembabkan tenggorokan sehingga virus tidak suka lagi.

  1. Menghirup dan Meminum teh hangat

Aroma teh hangan yang sangat khas akan sangat membantu meredakan hidung yang tersumbat. Setelah Anda menghirup aroma teh tersebut, Anda bisa meminumnya agar tenggorokan lebih nyaman. Teh mengandung senyawa polifenol yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, Anda bisa mengonsumsi teh saat pilek melanda akan tetapi juga tidak boleh berlebihan agar tidak membahayakan kesehatan.

  1. Makan yang teratur

Pada saat pilek memang terkadang nafsu makan cenderung turun, akan tetapi sebaiknya Anda tetap makan dengan teratur. Apabila tubuh Anda tidak di beri asupan nutrisi dengan baik maka virus akan lebih cepat menyerang dan pilek akan makin parah. Nutrisi yang baik akan membuat tubuh makin kuat dan mampu menyerang virus. Anda bisa memakan telur karena banyak mengandung protein. Kandungan protein yang ada di dalam telur akan membantu melawan virus ataupun bakteri dalam tubuh dengan efektif.

  1. Membersihkan hidung dengan bantuan air garam

Saat pilek melanda, sebaiknya Anda rajin-rajinlah untuk membersihkan hidung dengan air garam. Perlu Anda ketahui bahwa air garam dapat mengeluarkan cairan pada hidung dan tenggorokan.  Pada mulanya memang kurang nyaman akan tetapi cara ini terbilang sangat efektif untuk mengeluarkan cairan pada hidung..

  1. Makan makanan yang mengandung banyak vitamin C

Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C seperti strawberry, pisang, jeruk, anggur, dan lain sebagainya. Vitamin C memag sangat bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh termasuk mengatasi pilek. Perlu Anda ketahui bahwa vitamin C sangat bagus untuk menurunkan demam dengan cepat karena berfungsi sebagai antioksidan alami. Hal tersebut tentu bagus untuk melawan segala infeksi dan virus-virus yang ada di dalam tubuh.

  1. Olahraga ringan dengan teratur

Saat pilek melanda, tubuh memang terasa pegal-pegal dan membutuhkan istirahat yang banyak. Namun, sebaiknya Anda harus tetap berolahraga dengan teratur agar penyakit yang diderita bisa cepat hilang. Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa dengan berolahraga dapat mengurangi dan meredakan gejala pilek dengan lebih baik. Anda bisa melakukan olahraga ringan selama 15 hingga 20 menit.

Itulah cara-cara mudah untuk meredakan pilek yang dapat Anda lakukan. Istirahat dengan baik dan penuhi nutrisi untuk kebutuhan tubuh Anda. Bila perlu, konsumsilah vitamin tambahan agar tubuh Anda bisa lebih kuat dan cepat sehat.

Rujukan Lainnya:

biaya rontgen tenggorokan, brosur tentang batuk pilek, pathway pilek, raspberry ama strawbery apa bedanya

[Dwi Utami - DokterGaul.com]