Mengenal Penyakit Herpes dan Cara Mengobatinya

DOKTERGAUL.COM – Saya pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan dan mengenakkan dulu waktu sekolah. Tubuh saya gatal sekali dan timbul ruam-ruam merah di bagian tangan, kadang tangan saya juga perih dan panas, saya tak tahu penyakit apa yang telah menyerang saya kala itu.

Penyakit Herpes di Sekitar Mulut
Penyakit Herpes di Sekitar Mulut

Sebenarnya bukan hanya saya satu-satunya orang di rumah yang terkena penyakit aneh seperti itu. Yang pertama terserang adalah ayah saya, penyakit tersebut menyerang tubuhnya secara tiba-tiba pada malam hari.

Ayah saya tidak bisa tidur semalaman karena gatal menyerang punggungnya, tapi bentuk gatalnya tidak seperti saya, bentuknya benjolan kecil-kecil seperti buah anggur, tapi rasa penderitaannya sama yakni gatal, panas dan juga perih.

Setelah penyakit ayah saya sembuh, penyakit tersebut menyerang ibu, dia terserang penyakit tersebut di bagian lehernya, karena menyerang lehernya, sehingga dia menjadi susah menoleh maupun menganggukkan kepala, tersiksa karena rasa gatal yang teramat sangat dan rasa perih panas.

Setelah 1 bulan berlalu, penyakit tersebut mulai menyerang saya, saya adalah “suspect” terakhir dari penyakit aneh tersebut.

Penyakit Herpes di Punggung
Penyakit Herpes di Punggung

Kami berpikir kala itu mungkin saja kami terkena pengaruh ilmu hitam yang sangat kuat yang mulai menyerang kami, menurut ayah kiriman dari orang yang membenci kami, tapi saya tidak lantas percaya begitu saja.

Masa sih? Pikiran saya kala itu. Setelah beberapa tahun berlalu saya baru “ngeh” bahwa penyakit aneh yang menyerang kami sekeluarga adalah penyakit herpes.

Mengenal Penyakit Herpes dan Gejala-Gejalanya

Penyakit herpes dikenal sebagai penyakit yang menyerang kulit sekaligus menular. Nah penyakit ini disebabkan oleh virus yang sama dengan virus yang juga menyerang penyakit cacar air. Nama virus ini adalah virus varisela.

Virus ini menetap di sekitar tulang belakang ataupun dasar dari tulang tengkorak tubuh manusia. Bahkan setelah virus ini menyerang dan dapat sembuh setelah beberapa tahun berlalu virus ini dapat muncul kembali.

Gejala umum dari penyakit herpes ini adalah rasa panas serta perih yang hanya dirasakan pada satu bagian tubuh si penderita.

Keadaan ini kemudian berlanjut ke keadaan dimana munculnya bintil-bintil kecil yang kemudian melepuh, mengeluarkan nanah yang dapat menyebabkan rasa gatal yang teramat sangat pada satu bagian tubuh saja.

Lepuhan nanah tersebut akan kering dengan sendirinya dan menyebabkan bekas maupun koreng kemudian sembuh setelah beberapa hari.

Disamping gejala-gejala umum tersebut ada juga gejala lain yang sering timbul, yakni demam, sakit kepala, sensitif terhadap cahaya, beserta rasa lelah dan tak enak badan yang biasanya dialami oleh penderita.

Demam yang diderita oleh penderita herpes biasanya mirip dengan orang yang sedang terkena penyakit masuk angin. Dan sakit kepala yang menyerang orang yang sedang terserang herpes bisa berupa sakit kepala biasa maupun sakit kepala migrain.

Orang yang terserang herpes juga rentan terhadap cahaya yang mengenai tubuhnya, seperti seorang vampir yang takut cahaya, seorang penderita herpes juga takut terhadap cahaya selama beberapa hari sampai ia sembuh.

Penyakit Herpes di Bagian Perut Samping
Penyakit Herpes di Bagian Perut Samping

Rasa lelah dan tidak enak badan, hal ini mirip dengan penderita anemia ataupun kurang darah merah yang biasanya lemas, letih dan lesu.

Herpes umumnya bukan sebuah penyakit yang mematikan layaknya penyakit kanker, tumor dan juga HIV, karena masa inkubasi penyakit herpes biasanya terjadi selama 14 sampai dengan 28 hari, setelah itu akan sembuh dengan sendirinya seperti sedia kala.

Tapi rasa perih, gatal dan sakit harus dirasakan oleh penderita selama beberapa hari. Walaupun penyakit ini tidak begitu membahayakan jiwa penderita, namun ada beberapa resiko yang harus ditanggung oleh penderitanya.

Salah satunya adalah peningkatan rasio stress yang terjadi pada penderita penyakit herpes, stress itu dapat berupa tekanan secara fisik maupun emosional.

Herpes zoster adalah penyakit menular, jadi sebaiknya selama mengalami penyakit herpes anda menghindari kontak langsung dengan bayi, orang hamil maupun orang yang sedang menurun ketahanan daya tubuhnya.

Untuk menyembuhkan penyakit herpes anda dapat menggunakan obat Acyclovir yang dijual bebas di apotek terdekat di kota anda.

Nah, demikianlah informasi tentang penyakit herpes, gejala, beserta cara mengobatinya. Semoga bermanfaat.

Rujukan Lainnya:

penyakit hipokalemia stadium 4, apa itu selokarang, penyakit selokarang, penyakit indrak, selokarang adalah, obat penyakit selokarang, penyakit tinus, penyakit mangi, penyakit kurmo, Sebangsa penyakit bisul yang menyerang hidung

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]