Buah Segar dan Aman untuk Penderita Maag

Penyakit maag dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Penyakit ini terjadi karena adanya luka pada dinding lambung akibat dari kadar asam di dalam lambung berlebih. Para penderita maag akan merasakan nyeri pada area lambung dan sering membuat selera makan menjadi menurun. Nah, sebelum masalah atau penyakit itu datang sebaiknya penderita maag rajin-rajin mengonsumsi buah-buahan segar yang kaya akan flavonoid.

Kandungan flavonoid di dalam buah-buahan ternyata mampu menetralkan asam lambung dengan efektif. Senyawa tersebut alami terdapat di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran tertentu. Ingin tahu lebih banyak? Yuk simak ulasan berikut tentang buah segar dan aman untuk penderita maag.

Buah-buahan untuk Penderita Maag

  1. Buah alpukat

Buah alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan nutrisi yang bagus dan cocok untuk dikonsumsi oleh penderita maag. Buah ini engandung vitamin yang lengkap sehingga bisa memelihara sirkulasi darah dengan baik. Para penderita maag dapat mengonsumsi buah ini sehingga rasa sakit teratasi dan dapat lebih segar sepanjang hari.

  1. Buah pepaya

Buah pepaya yang begitu segar memiliki kandungan vitanin C dan serat yang tinggi sehingga baik dikonsumsi para penderita maag. Konsumsi buah ini akan menyehatkan sistem pencernaan terutama usus karena BAB lebih lancar. Nah, apabila penyakit maag sedang kambuh maka salah satu alternatif untuk meredakan penyakit setesut adalah dengan mengonsumsi buah pepaya. Buah ini bisa menetralkan asamlambung yang tinggi sehingga sangat membantu mengurangi nyeri lambung.

  1. Buah naga

Buah naga nan cantik ternyata juga memiliki manfaat kesehatan yang banyak terutama untuk membantu mengatasi sekaligus mencegah asam lambung naik. Selain itu ternyata juga memiliki manfaat lain seperti bisa memelihara kesehatan jantung dan mengatasi kolesterol tinggi. Hal tersebut tentu akan sangat membantu sehingga para penderita aag dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga setiap hari.

  1. Buah pisang

Buah pisang ternyata juga mampu untuk menjaga asam lambung agar tidak naik. Nah, bagi penderita maag sebaiknya jangan menyepelekan buah ini karena akan sangat berguna dalam meredakan rasa sakit pada lambung. Konsumsi buah pisang ini ternyata bagus karena mampu memperlancar sirkulasi darah, Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan kalium dan potasium sehingga buah pisang memiliki manfaat yang luar biasa.

  1. Melon

Melon adalah salah satu buah yang menyegarkan sekaligus aman untuk dikonsumsi oleh orang-orang penderita maag. Buah tersebut akan mengurangi penumpukan zat asam pada lambung. Nah, selain itu ternyata juga mengandung kalium yang tentu baik untuk lambung karena dapat menyeimbangkan pH atau derajat asam. Buah ini juga mampu menjaga tingkat keasaman dalam tubuh sehingga Anda bisa mengonsumsinya dengan aman.

  1. Mangga

Buah mangga sangat digemari oleh orang-orang karena memiliki rasa yang khas dan sangat nikmat. Selain manis, ternyata buah ini juga menyimpan berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh. Buah mangga juga mengandung antioksidan dan antiinflamasi sehingga bagus untuk kesehatan. Hal ini juga bagus untuk lambung karena lapisan perut akan tetap dingin serta bebas dari asam.

Itulah sedikit ulasan tentang buah-buahan yang boleh dikonsumsi oleh penderita maag. Semua buah-buahan tentu mengandung gizi dan nutrisi akan tetapi Anda tetap harus memilih buah-buahan yang tepat agar kesehatan tubuh tetap terjaga. Semoga dengan ulasan diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu Anda.

Rujukan Lainnya:

buah sangli, salad buah pahit, buah tempayang untuk kesuburan, manfaat makan ulat salak, dht aman ut asam lambung, ulat buah sa, cara mengecilkan jakun, tip ngupas sawo, Urutan takson labu, buah sicerek untuk burung

[Dwi Utami - DokterGaul.com]