4 Makanan Baik untuk Penderita Diabetes

Diabetes atau seringkali disebut dengan kencing manis merupakan suatu penyakit kronis yang ditandai dengan meningkatnya kadar gula dalam darah diatas normal. Para penderita diabetes sering mengalami kendala saat memilih jennis makanan yang cocok karena jika salah pilih makanan maka akan bisa membuat kadar gula dalam darah makin meningkat. Nah, untuk mengatasi hal tersebut simaklah ulasan berikut tentang makanan-makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes.

Penderita diabetes tentu tetap membutuhkan asupan gizi yang cukup meskipun banyak makanan atau minuman bahkan buah-buahan yang menjadi pantangan. Sebenarnya mereka hanya memerlukan makanan-makanan yang mempunyai daftar indeks glikemik rendah dan beberapa nutrisi penting misalnya seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, serat, kalsium, potasium, dan magnesium.

Ini dia makanan terbaik untuk penderita diabetes

  1. Coklat hitam

Coklat hitam adalah jenis coklat yang didalamnya mempunyai lebih banyak cocoa dan sedikit susu bila dibandingkan dengan jenis coklat yang lain. Jenis coklat hitam masuk menjadi makanan yang baik dikonsumsi oleh para penderita diabetes karena memiliki kandungan flavonoid yang bisa menaikkan sensitivitas insulin dan mengurangi resistensi insulin. Selain itu juga ternyata bisa membantu mengolah glukosa darah dengan lebih cepat.

Nah, perlu Anda ketahui bahwa dengan konsumsi coklat hitam ternyata bisa mengurangi keinginan untuk makan berebihan. Sudah terdapat penelitian dari University of Copenhagen di tahun 2008 yang mengungapkan bahwa dengan mengonsumsi coklat hitam maka akan timbul keinginan yang lebih rendah untuk memakan makanan yang asin, manis, dan berlemak.

  1. Oatmeal

Para penderita diabetes tetap membutuhkan karbohidat akan tetapi dalam pemilihannya harus waspada dan tetap memilih makanan yang tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah. Oatmeal merupakan salah satu makanan yang mengandung karbohidrat yang baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan ini memiliki kandungan magnesium yang bagus untuk membantu tubuh dalam mensekresi insulin dan memanfaatkan glukosa dengan lebih baik.

Oatmeal memiliki kandungan serat yang lebih lambat dicerna sehingga sangat membantu dalam mengontrol glukosa darah. Para penderita diabetes dapat memilih makanan ini sebagai alternatif untuk melengkapi kebutuhan nutrisi. Saat ini sudah banyak produk-produk oatmeal yang dijual dengan berbagai kemasan sehingga Anda dapat lebih mudah untuk memperolehnya sesuai dengan kebutuhan.

  1. Ubi jalar

Bagi para penderita diabetes tak perlu khawatir lagi karena terdapat sumber karbohidrat yang murah meriah dan enak dari ubi jalar. Ubi jalar biasanya dikukus dan dapat dikonsumsi langsung sehingga rasanya manis dan nikmat. Rasa manis yang terdapat di dalam ubi jalar tersebut tergolong aman dan tidak akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Ubi jalar memiliki kandungan antosianin yang ternyata baik untuk kesehatan karena terdapat anti viral, anti mikroba, dan anti peradangan. Selain itu, didalamnya juga terdapat berbagai jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk pasokan gizi ke dalam tubuh. Makanan ini cocok sebagai pengganti kentang karena mempunyai kandungan glukosa yang lebih rendah.

  1. Blueberry

Makanan yang enak dan baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes selanjutnya adalah blueberry. Buah-buahan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena mengandung hormon yang bisa mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu juga mampu untuk meningkatkan kadar adiponektin yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tetap aman.

Blueberry memiliki kandungan nutrisi yang bagus sehingga American Diabetes Association menobatkan bahwa buah ini sebagai diabetes superfood. Sudah ada penelitian yang dilakukan oleh USDA tentang konsumsi buah-buah ini. Penelitian tresebut menyatakan bahwa dengan mengonsumsi 2 ½ gelas jus blueberry tiap hari dalam 12 minggu ternyata dapat membantu dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Rujukan Lainnya:

laporan pendahuluan viral infection, makanan minuman pengering kandungan, makanan yang dihindari plantar, makanan untuk penderita plantar fasciitis, apa yang terjadi jika kita memakan makanan yang sudah ditumbuhi jamur atau bakteri, contoh parafrasa iklan makanan, jurnal penelitian platyhelminthes, inkubasi diabetes, menyusun kerangka esai ropik makanan yang aman bagi kesehatan, pengertian resistensi spesies merugika

[Dwi Utami - DokterGaul.com]