Inilah 5 Gerakan Yoga Untuk Diet dan Menguruskan Badan

DOKTERGAUL.COM – Pada jaman sekarang, untuk menenangkan pikirannya orang biasanya pergi berlibur, jauh-jauh dari keramaian dan mencari ketenangan di desa.

Suasana Pagi yang Segar dan Damai di Desa

Menghirup udara segar dan menikmati angin sepoi-sepoi yang berhembus perlahan diantara rimbunnya pepohonan dan kesejukan pegunungan yang belum terjamah oleh tangan jahil serta serakah manusia.

Indah sekali! Tetapi kadang rutinitas yang super sibuk di perkotaan membuat impian itu sedikit tak dapat diwujudkan. Akhirnya mereka mencari alternatif lain, salah satunya dengan melakukan yoga.

Yoga sendiri ialah suatu kegiatan untuk mendapatkan ketenang yang memusatkan pikiran pada asana ataupun postur dalam hatta yoga.

Yoga juga digunakan sebagai salah satu pengobatan alternatif, biasanya hal ini dilakukan dengan latihan pernafasan, olah tubuh dan juga meditasi yang telah dikenal dan juga dipraktekkan selama lebih dari 5000 tahun.

Selain untuk menenangkan pikiran, yoga juga terkenal akan gerakan-gerakan yang bisa membantu membentuk tubuh menjadi lebih langsing ataupun untuk sarana diet.

Gerakan Yoga Untuk Diet dan Melangsingkan Badan

Langsing dengan cara yoga bisa juga menjadi alternatif ataupun jalan lain bagi anda yang senantiasa ingin selalu menjaga kebugaran tubuh anda dan tentu saja merawat tubuh anda agar lansing dan menarik.

Bahkan tak jarang untuk beberapa orang yang memang sudah ditakdirkan dari sononya memiliki perut buncit dan badan gempal seperti saya memanfaatkan gerakan yoga yang menenangkan untuk mengempiskan perut yang sudah terlanjur buncit dan juga menguruskan badan tanpa tersiksa.

Nah, bagi anda yang memang ingin langsing dengan cara melakukan gerakan yoga, saya akan memberikan beberapa gerakan yoga yang diperuntukkan untuk diet ataupun menguruskan badan anda.

Apa saja gerakannya? Mari kita lihat bersama-sama.

1. Pose gunung

Pose gunung adalah pose yoga yang juga terinspirasi dari bentuk sebuah gunung yang menjulang tinggi. Cara melakukan gerakan yoga ini yaitu dengan cara berdiri secara tegak layaknya gunung.

Kedua tangan berada di kedua sisi tubuh anda lalu selanjutnya anda letakkan tangan anda layaknya biksu ataupun pertapa yang sedang berdoa.

2. Gerakan menarik nafas

Gerakan selanjutnya yakni melakukan pengambilan nafas dengan cara mengangkat tangan anda keatas. Lalu anda sedikit mendongakkan kepala anda kelangit-langit. Pose anda harus tegak. Kemudian ambil nafas dalam-dalam selama beberapa menit.

3. Lakukan gerakan pos angsa menyelam

Anda melakukan gerakan pos angsa menyelam. Anda pasti sering melihat angsa yang sedang menyelam, nah, gerakan yoga ini juga terinspirasi dari si angsa.

Cara melakukan gerakan angsa ini adalah berdiri lalu anda membungkukkan tubuh ke bawah ke arah lantai. Kemudian anda tempatkan tangan anda ke bawah menuju kaki anda ataupun ke arah lantai.

Selanjutnya ada menekuk lutut anda, tahan semampu anda, kalau sudah tidak mampu lagi anda dapat berhenti melakukan gerakan angsa ini lagi.

4. Lakukan pose setengah membungkuk

Pertama-tama anda harus berdiri tegak. Kemudian anda bungkukkan badan anda sesuai ataupun sama dengan derajat jam pukul 3, letakkan tangan anda menuju ke bawah. Tahan gerakan ini selama beberapa menit saja.

5. Pose papan

Cara melakukannya yaitu dengan cara anda membuat pose papan ataupun mendatar di lantai, lengan anda luruskan di bawah bahu anda, kaki anda luruskan ke belakang.

Tunggu sampai beberapa menit hingga anda merasakan badan anda tegang sebentar. Hal ini menandakan bahwa yoga telah bekerja pada tubuh anda.

6. Pose ular kobra

Pose ular kobra terinspirasi dari gerakan ataupun pose ular kobra yang terdapat pada serial-serial india ataupun film Bollywood. Ingat kan? Ular kobra pasti meliuk-liuk bak melakukan pertunjukkan tari ketika sang pawang mulai meniup serulingnya.

Pose Ular Kobra pada Gerakan Yoga

Nah, pose ala ular kobra ini juga sangat bermanfaat untuk membakar lemak yang terdapat di perut anda. Cara melakukannya mudah sekali yakni tarik nafas anda kemudian anda tidur tengkurap dan angkat sedikit kepala anda ke atas. Tahan selama beberapa menit.

Perhatikan juga bahu anda, jaga agar agak terangkat ke atas. Lalu anda tahan posisi ala ular kobra ini selama beberapa menit, dan ulangi lagi selama beberapa kali.

***

Nah, demikianlah beberapa gerakan yoga yang dapat membantu anda untuk berdiet maupun mengecilkan badan. Selamat mencoba di rumah dan semoga bermanfaat!

Rujukan Lainnya:

arti mimpi menyapu lantai kelas, apakah ginifar bisa untuk sakit gigi, mimpi berdara di tangan di siku, ular pedak, arti mimpi tangan berulat, tangan bergetar saat mengelas, mimpi tangan be, mimpi melepaskan ular dari kandang nya, Arti mimpi di hinggapi pacet, Mengobati gatal bentol berain di sela jari dengan air garam hangat

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]