Lidah Buaya, Tanaman Beragam Manfaat

DOKTERGAUL.COM – Saya sering bertanya-tanya sendiri dalam hati kenapa ya tanaman itu dinamakan lidah buaya? Ya tanaman yang tumbuh di halaman rumah saya, tanaman tersebut tumbuh secara liar.

Tanaman Lidah Buaya

Apa karena bentuk daunnya yang bergerigi tajam-tajam mirip gigi buaya, tapi bentuknya kecil-kecil jadi tak mungkin gigi buaya. Apa karena baunya yang tidak enak ketika dipotong dengan pisau, mirip dengan bau mulut buaya.

Tetapi siapa yang tahu dengan bau mulut buaya? Entahlah. Atau hanya kiasan saja, maksudnya adalah bau mulut ” buaya” yang tidak beraroma sedap, mungkin saja. Dan saya tidak ingin bertanya lebih lanjut lagi.

Kembali ke tanaman lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman yang berwarna hijau dan dalamnya kenyal berwarna hijau transparan. Dapat hidup secara liar dimana saja, entah itu di pekarangan, taman, halaman maupun pinggir jalan.

KANDUNGAN LIDAH BUAYA

Lidah buaya juga mengandung banyak zat yang berguna bagi tubuh manusia yaitu vitamin dan mineral yang penting untuk pertumbuhan dan juga fungsi tubuh manusia.

Nah, berikut ini adalah daftar lengkap kandungan apa saja yang dikandung oleh si lidah buaya.

Mengandung Antioksidan

Lidah buaya mengandung zat antioksidan yang berguna bagi tubuh seperti kandungan vitamin a. Vitamin a yang biasanya juga terdapat pada tomat dan juga wortel ataupun sayuran yang berwarna jingga ataupun cerah.

Lidah buaya juga mengandung vitamin C yang sama seperti yang biasanya terdapat pada buah-buahan seperti jeruk. Selain itu, lidah buaya pun mengandung vitamin E yang biasanya berguna bagi kulit. Ditambah dengan vitamin B12, asam folat serta kolin.

Mengandung Sejumlah Enzim Penting

Dalam gel lidah buaya yang biasanya berbau menyengat tersebut terdapat banyak kandungan enzim, seperti enzim aliase, katalase, selulase, lipase, peroksidase, bradykinase, carboxypeptidase, dan alkaline phospatase.

Kaya dengan Kalsium

Lidah buaya juga mengandung zat kalsium yang biasanya berguna untuk penguatan tulang dan juga anti keropos. Tembaga, selenium, kromium, mangan, magnesium, kalium, natrium dan juga seng yang hadir dalam tanaman lidah buaya ini.

Mengandung Zat Antrakuinon (Pencahar)

Lidah buaya juga mengandung zat yang dinamakan zat antrakuinon dan jumlahnya ada 12. Senyawa ini dikenal sebagai obat pencahar ataupun suatu obat yang dapat melancarkan buang air besar.

Diantara kedua belas zat tersebut terdapat zat aloin dan juga emodin yang bertindak sebagai zat analgesik, yaitu zat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antivirus.

Anti bakteri karena dapat mencegah dari masuknya bakteri yang merugikan bagi tubuh seperti bakteri yang dapat menyebabkan penyakit kulit dan juga terdapat antivirus yang dapat melindungi seseorang dari serangan virus yang ganas serta mematikan, contohnya adalah virus HIV-Aids.

Mengandung Asam Lemak Anti-Inflamasi

Terdapat 4 asam lemak dalam tanaman lidah buaya yakni kolesterol, yang selama ini menjadi momok yang menakutkan bagi semua orang.

Campesterol, betasisosterol dan lupeol dan semuanya memiliki efek anti-inflamasi bagi tubuh ataupun dapat disebut sebagai anti iritasi.

Mengandung Sejumlah Hormon Penting

Lidah buaya mengandung hormon-hormon yang bermanfaat bagi tubuh yakni auksin dan giberelin, hormon ini berfungsi untuk mengobati dan mempercepat proses penyembuhan luka sekaligus anti inflamasi.

Untuk sekedar info manfaat anti inflamasi dari tanaman lidah buaya setara dengan anti inflamasi dari tanaman chamomile maupun bunga chamomile.

Mengandung Zat Gula

Lidah buaya mengandung gula, seperti contohnya adalah monosakarida (glukosa dan fruktosa) dan polisakarida.

KHASIAT DAN MANFAT LIDAH BUAYA

Setelah mengetahui kandungan dari tanaman lidah buaya, mari kita beralih ke khasiat dan manfaat apa saja yang terkandung dari tanaman lidah buaya ini.

1. Meredakan iritasi kulit

Banyak pakar yang mengatakan bahwa aloe vera maupun lidah buaya dapat digunakan untuk meredakan sekaligus menyembuhkan beberapa penyakit kulit seperti jerawat, luka bakar, gatal akibat gigitan serangga dan gangguan kulit lainnya.

2. Merawat luka bakar

Lidah buaya dapat digunakan untuk merawat sekaligus menyembuhkan luka bakar karena kandungan dalam gel lidah buaya yang memiliki khasiat untuk mendinginkan luka ketika gel lidah buaya anda oleskan di daerah yang terluka di kulit anda.

3. Menyembuhkan herpes

Herpes adalah salah satu penyakit kulit yang menyiksa penderitanya karena biasanya dapat menimbulkan rasa gatal teramat sangat dan juga menimbulkan rasa panas di area yang terjangkit virus herpes. Aloe vera mengandung zat antibakteri sekaligus antivirus, sama seperti yang telah saya tulis tadi.

4. Melembabkan rambut dan juga kulit kepala

Tidak terhitung lagi banyaknya produk perawatan rambut yang terbuat dari lidah buaya (Aloe Vera), mulai dari shampoo, conditioner, pelembab bahkan hingga sampai ke masker rambut dari lidah buaya.

****

Sungguh tanaman lidah buaya memang memiliki banyak sekali khasiat dan manfaat penting untuk kehidupan manusia. Demikianlah beberapa informasi tentang lidah buaya semoga dapat menambah informasi Anda.

Salam sehat selalu!

Rujukan Lainnya:

ujung lidah bayi belah, dumocycline untuk luka, cara memperpanjang lidah, bentuk lidah bayi belah, primbon lidah gatal, urin berbau tajam karena didalamnya ditemukan, ujung lidah belah, ocuson obat radang tenggorokan, mimpi lidah kaku, manfaat asam plumerat

[Indy Muchlys - DokterGaul.com]