Biji Semangka Jangan Dibuang, Banyak Manfaatnya

DOKTERGAUL.COM – Buah semangka memiliki banyak manfaat bagi kesehatan serta terasa segar ketika kita mengkonsumsinya. Kandungan nutrisi yang ada dalam buah semangka memiliki efek baik pada tubuh. Anda pasti tahu bahwa buah satu ini memiliki banyak biji di dalamnya. Bagi sebagian orang biji pada semangka terasa menjengkelkan karena ukurannya kecil dan jumlahnya banyak.

Ternyata, biji semangka yang biasa kita buang begitu saja memiliki manfaat bagi kesehatan loh.. Kamu hanya perlu meminum air rebusan biji semangka secara teratur untuk dapat merasakan manfaat berikut ini.

1. Mengatur tekanan darah

Manfaat pertama yang dimiliki oleh biji semangka adalah tekanan darah menjadi seimbang. Makanan ini mengandung zat arginine yaitu zat yang dapat membantu menyeimbangkan serta mengatur tekanan darah dalam tubuh.

2. Kadar gula menurun

Bagi Anda yang memiki kadar gula tinggi ada baiknya mengonsumai air rebusan biji semangka secara rutin Karena dengan meminum air rebusan secara teratur, kadar gula dalam tubuh dapat menurun.  Cara membuat air rebusannya sangat mudah yaitu

– hancurkan biji semangka

– rebuslah biji semangka yang telah dihancurkan di dalam satu liter air selama kurang lebih 15 menit.

– saring air rebusan dan minum

Sebaiknya Anda meminum air rebusan ini selama 3 hari berturut-turut lalu beri jeda satu hari kemudian konsumsi lagi selama 3 hari.

3. Bantu menjaga kesehatan jantung

Jantung merupakan organ vital yang bertugas untuk memompa aliran darah ke seluruh tubuh. Darah bagaikan alat transportasi di dalam tubuh yang bertugas menyebarkan berbagai nutrisi serta zat yang dibutuhkan tubuh. Sehingga penting sekali bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung.

Biji semangka dapat membantu Anda menjaga kesehatan jantung karena mengandung magnesium. Yang perlu Anda lakukan minumlah air rebusan biji semangka secara rutin.

4. Meningkatkan sistem metabolisme

Biji semangka mengandung asam amino esensial yang dapat melancarkan sistem metabolisme pada tubuh. Karena tubuh manusia sejatinya membutuhkan asam amino seperti lysine dan arginine agar tubuh bekerja lebih baik. Selain itu, biji semangka juga dapat membantu memperkuat tulang.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem saraf

Vitamin yang terkandung dalam biji semangka dapat meningkatkanndaya tahan tubuh sehingga Anda tidak mudah terserang penyakit. Selain itu, dalam biji semangka terkandung pula vitamin B kompleks, folat, niasin, tiamin serta asam pantotenat yang dapat membantu sistem saraf agar berfungsi dengan baik.

Kesehatan adalah hal paling penting yang harus Anda jaga. Karena jika tubuh Anda sakit segala hal menjadi terasa tidak menyenangkan. Lebih baik mencegah penyakit daripada mengobatinya setelah datang.

Selain mengonsumsi makanan yang sehat, pola hidup juga harus diatur. Lakukan olahraga dengan teratur serta istirahatlah yang cukup.

Rujukan Lainnya:

tertelan biji asam jawa, Menelan biji asam, bahaya menelan biji duku, tertelan biji sawo, khasiat biji tembayan, arti mimpi isi sawo ketelan, cara mengobati yg tertelan biji asam jawa, cara mengobati yg ketelan biji assm jawa, manfaat kopi dan tempayang, bahaya biji terong

[Ratih Kurnia Amanda - DokterGaul.com]